RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 01 BUMI HARAPAN
Kelas /
Semester 1 / 1
Tema :
KEGEMARANKU
Sub Tema :
Gemar Berolahraga
Waktu :
1 x Pertemuan ( 5 JP)
Pembelajaran : 1
A.KOMPETENSI
INTI
(K1)
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggukg jawab, santun, peduli, dan percaya
diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya
di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B.KOMPETENSI
DASAR (KD) DAN INDIKATOR
`Bahasa Indonesia
1.1
Menerima
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikena
sebagai bahasa
persatuan dansarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaata bahasa Indonesia dan/atau
bahasa daeraah
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal
kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasadaerah
3.2
Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan
kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis tulis yang dapat diisi dengan kosakatayang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.2 Mempraktikan teks arahan/petunjuk tentang
merawat tubuh serta kesehatandan kebugarantubuh secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan bahasa daerah untuk membantu Penyajian Menjelaskan tentang
teks petunjuk pemeliharaan kebugaran tubuh
Indikator
•
Membaca teks petunjuk tentang merawat kebugaran tubuh
SBDP
3.1 Mengenal cara dan hasil karya
seni ekspresi
3.2 Mengenal pola irama lagu
bervariasi menggunakan alat musik ritmis
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis,
, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
Indikator
•
Mengidentifikasi gambar sebagai karyaseni ekspresi
•
Menggambar ekspresi berdasarkan hasil pengamatan lembar kerja di dalam buku siswa
C.TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan
mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan macam-macam olahraga dengan santun.
2.
Dengan
membaca nyaring, siswa mampu menyebutkan nama-nama olahraga dengan percaya
diri.
3.
Dengan
menyusun huruf, siswa dapat menemukan 2-3 nama-nama jenis olahraga dengan
disiplin.
4.
Dengan
menyusun huruf siswa mampu menulis nama-nama olahraga dengan percaya
diri.
5.
Dengan
memasangkan gambar siswa mampu mengidentifikasi alat-alat olahraga dengan
percaya diri.
6.
Dengan
mampu mengidentifikasi alat-alat olahraga, siswa mampu menggambar
salah
satu olahraga yang disukainya dengan tertib.
7.
Dengan
menggunakan gambar, siswa mampu menentukan pola gambar tertentu
dengan
tepat.
8.
Dengan
pengamatan terhadap gambar, siswa mampu melengkapi pola gambar
D.MATERI
PEMBELAJARAN
1.Macam-macam olahraga (PJOK, buku siswa hal 2 )
2.Membaca nyaring (Bahasa Indonesia Buku siswa hal
3)
3.Menyusun huruf (Bahasa Idonesia Buku siswa hal4)
4.Menulis (Bahasa Indonesia Buku siswa hal 5)
5.Memasangkan alat-alat olahraga (Bahasa Indonesia
hal 6)
E.METODE DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Metode (ceramah,diskusi,tanya jawab)
Pendekatan:saintifik ( mengamati,menanya,mengumpulkan informasi
/eksperimen, mengasosiasi/menara dan mengkomunikasikan).
F.MEDIA, ALAT, DAN SUMBER
PEMBELAJARAN
1.Buku siswa tema 2 ;KEGEMARANKU.
Hal 1-6
2.Buku guru tema 2 :
KEGEMARANKU Hal 4-7
3.Pensil/pensil warna/krayon/spidol.
G.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan awal 15 menit
1.
Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka
2.
Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin
doa.
3.
Guru mengabsen siswa
4.
Guru melakukan apersepsi dan motivasi bagi siswa.
5.
Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan tujuan yang
akan dicapai
Kegiatai Inti
Langkah-langkah kegiatan
1. Siswa mengamati gambar yang
ada pada buku siswa.
2. Siswa menyebutkan nama-nama olahraga.
3. Siswa bertanya jawab berkaitan
dengan gambar yang diamatinya.
4. Beri kesempatan kepada siswa
untuk saling mengajukan pertanyaan dan menjawab.
5. Contoh pertanyaan yang
mungkin:
ü Olahraga apa
yang kamu lihat pada gambar?
ü Apa yang kamu
ketahui tentang olahraga tersebut?
ü Berapa banyak
anak yang bermain bulutangkis pada gambar?
ü Berapa banyak
anak yang bermain sepak bola pada gambar?
ü Berapa jumlah
anak seluruhnya pada gambar?
ü
Olahraga
mana yang merupakan olahraga tim?
ü
Sikap
apa yang harus dilakukan dalam melakukan olahraga tim?
ü
Olahraga
apa yang paling kamu sukai?
ü
Olahraga
apa yang baru kamu ketahui?
6. Siswa membaca nyaring nama-nama
cabang olahraga dengan bimbingan guru.olahraga tim?
ü Olahraga apa
yang paling kamu sukai?
ü Olahraga apa
yang baru kamu ketahui?
7. Siswa menyusun huruf menjadi
nama-nama cabang olahraga yang dipelajari.
8. Siswa berlatih menulis dengan
cara menebalkan.
9. Untuk mengonfirmasi pengetahuan
siswa, siswa menyebutkan kembali nama-nama cabang olahraga yang sudah diketahui
dan baru diketahui.
10. Setelah menyebutkan nama-nama cabang
olahraga, siswa bertanya jawab tentang cabang-cabang olahraga dan alat-alat
olahraga yang mereka ketahui dengan arahan guru.
11. Siswa mengamati contoh
pertanyaan yang diajukan guru sebagai berikut:
ü
Jika
kamu ingin bermain sepak bola, alat apa yang kamu butuhkan?
12. Siswa melakukan kegiatan tanya jawab
secara bergantian berdasarkan contoh pertanyaan guru yang divariasikan atau
dengan bahasa mereka sendiri.
ü Jika kamu ingin
bermain bulutangkis, alat apa yang kamu butuhkan?
ü Jika kamu ingin
bermain kasti, alat apa yang kamu butuhkan?
dan
seterusnya.
13. Siswa menyebutkan kembali
alat-alat yang dipergunakan untuk berolahraga.
14. Siswa berlatih mengenal alat
olahraga dengan memasangkan gambar alat-alat olahraga yang saling berhubungan dengan
menarik garis. Misalnya, gambar bola dengan gambar lapangan bola dan gambar
pelampung dengan kolam renang.
15. Kemudian, siswa memilih pasangan
gambar yang paling disukai untuk dijadikan tema dalam menggambar.
16. Siswa menggambar dan mewarnai
sesuai tema yang dipilih.
17. Siswa menuliskan tema yang
dipilihnya di sudut kiri gambar
Kegiatan Ahir menit
1.
Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang belum dipelajari dengan
arahan guru siswa melakukan refleksi dan kegiatan yang sudah dilakukan.
2.
Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengairi dan meminta salah seorang
siswa memimpin doa
H.Penilaian pelajaran
1. Penilaian Sikap
|
NO
|
NAMA
|
Percaya Diri
|
Santun
|
Santun
|
|||||||||
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
|
1
|
Aditya
Dwi Kurniawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aruman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Beli
Alfaisal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Della
Octaviani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Dio
Arya Wijaya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Edo
Rendi Okia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Elviana
Jalianti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Fathur
Rohman Fauzi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Fitra
Adi Pangestu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Jesa
Sanda Saputra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Lina
Astuti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Muhammad
Umar Cholil Al Rosid
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Nisa
Alfiana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Rika
Yeti Wahyuni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Zahrotul
Khoiriah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Zubaidatul
Khoiriyah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Zubaidatul
Inayah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Zulkarnain
Furqon
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Zunaidi
Al Amin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Zuyana
Salsabila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.Penilaian Pengetahuan
Tes Tertulis (lembar kerja di buku siswa )
3.Penilaian
Keterampilan
Rubrik
Kegiatan Menggambar dan Mewarnai
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
|
Kesesuaian gambar dengan tema
|
Gambar sesuai dengan tema yang kongkrit
|
Gambar sesuai dengan tema meskipun belum kongkrit
|
Gambar belum sesuai dengan tema
|
Belum mampu menggambar
|
|
Jumlah warna yang digunakan
|
Menggunaka 4 warna atau lebih
|
Menggunakan 3 warna
|
Menggunakan 2 warna
|
Menggunakan1 warna
|
|
NO
|
NAMA
|
BAIK SEKALI
|
BAIK
|
CUKUP
|
PERLU BIMBINGAN
|
|
1
|
Aditya
Dwi Kurniawan
|
|
|
|
|
|
2
|
Aruman
|
|
|
|
|
|
3
|
Beli
Alfaisal
|
|
|
|
|
|
4
|
Della
Octaviani
|
|
|
|
|
|
5
|
Dio
Arya Wijaya
|
|
|
|
|
|
6
|
Edo
Rendi Okia
|
|
|
|
|
|
7
|
Elviana
Jalianti
|
|
|
|
|
|
8
|
Fathur
Rohman Fauzi
|
|
|
|
|
|
9
|
Fitra
Adi Pangestu
|
|
|
|
|
|
10
|
Jesa
Sanda Saputra
|
|
|
|
|
|
11
|
Lina
Astuti
|
|
|
|
|
|
12
|
Muhammad
Umar Cholil Al Rosid
|
|
|
|
|
|
13
|
Nisa
Alfiana
|
|
|
|
|
|
14
|
Rika
Yeti Wahyuni
|
|
|
|
|
|
15
|
Zahrotul
Khoiriah
|
|
|
|
|
|
16
|
Zubaidatul
Khoiriyah
|
|
|
|
|
|
17
|
Zubaidatul
Inayah
|
|
|
|
|
|
18
|
Zulkarnain
Furqon
|
|
|
|
|
|
19
|
Zunaidi
Al Amin
|
|
|
|
|
|
20
|
Zuyana
Salsabila
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
|
Bumi Harapan. September 2014
|
|
Kepala Sekolah SDN 01 Bumi Harapan
|
Guru Kelas 1
|
|
|
|
|
Ngatmo, S. Pd
NIP 1968071719990310004
|
Subaryani, S.Pdi
NIP:196402281985032001
|
No comments:
Post a Comment