RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 01 BUMI HARAPAN
Kelas /
Semester 1 / 1
Tema :
KEGEMARANKU
Sub
Tema : Gemar
Berolahraga
Waktu :
1 x Pertemuan ( 5 JP)
Pembelajaran : 6
A.KOMPETENSI INTI
(K1)
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggukg jawab, santun, peduli, dan percaya
diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya
di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.KOMPETENSI DASAR (KD)DAN INDIKATOR
BAHASA
INDONESIA
1.1 Menerima
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai
bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2 Memiliki
perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
1.3 Memiliki
perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta
pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman
4.2
Mempraktikkan teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan
kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
Ind Indikatorikator
•
Mengidentifikas teks arahan dan kebugaran tubuh
•
Menerapkan teks arahan tentang pemeliharaan kebugaran tubuh
PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh
perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidakternilai
2.1 Menunjukkan perilaku percaya diri dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
2.2 Menunjukkan perilaku santun kepada
teman dan guru selama pembelajaran penjas
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama
dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan
teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai
aktivitas fisik
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan
dalam permainan
3.1 Mengetahui
konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang
digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional
3.3 Mengetahui
konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang
digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional
4.1
Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh
yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional
4.3
Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
indikator
•
Mengidentifikasi gerak lokomotor
•
Mengidentifikasi gerak manipulatif
•
Mempraktikkan gerak lokomotor
•
Mempraktikkan gerak manipulatif
Bahasa
Indonesia
PPK
PPKN
1.2
Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.1
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diridalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib
dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam
keberagaman di rumah dan
3.2 Mengenal
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan sekolah
indikator
• Menjelaskan tata tertib
permainan
• Mengikuti aturan dalam
permainan kasti
MATEMATIKA
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
perilaku patuh pada aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai prosedur/aturan dengan
memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan
2.2 Menunjukkan
perilaku teliti dan peduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas
berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang),beratnya, atau urutan kelompok
terkecil sampai terbesar
3.1 Mengenal
bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.1 Mengemukakan
kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan
dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau
tempat bermain serta memeriksa kebenarannya
indikator
• Menghitung
benda-benda dari 1 - 20
• Menyelesaikan
operasi penjumlahan
• Membuat
kalimat matematika dari suatu masalah yang dihadapi seharihari
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN:
1.
Dengan
menyimak teks, siswa dapat menyebutkan isi teks dengan percaya diri.
2.
Dengan
membaca nyaring, siswa mampu menjelaskan aturan-aturan bermain kasti dengan
sopan.
3.
Dengan
mengetahui aturan bermain kasti siswa dapat melakukan praktik bermain kasti
dengan tertib.
4.
Dengan
bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan gerakan-gerakan dalam permainan
5.
kasti
dengan percaya diri.
6.
Dengan
mengenal gerakan-gerakan dalam permainan, siswa dapat mempraktikkan gerakan-gerakan
melalui permainan kasti dengan tertib.
7.
Dengan
kegiatan mengingat kembali benda-benda yang berkaitan dengan olahraga, siswa
mampu menghitung dan menjumlahkan benda-denda dengan tepat.
D.MATERI
PEMBELAJARAN
1.Bermain Kasti (PJOK buku siswa hal
25 )
2.Mengingat bilangan 6 - 10 ( Matematika
buku siswa hal 26-29 )
E.METODE DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Metode : (ceramah,diskusi,tanya
jawab)
Pendekatan :saintifik (
mengamati,menanya,mengumpulkan informasi /eksperimen, mengasosiasi/menara dan mengkomunikasikan).
F.MEDIA,ALAT,DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.Buku siswa
tema 2 ;KEGEMARANKU. Hal 23-32
2.Buku guru
tema 2 : KEGEMARANKU Hal 25-28
3.Bola
kasti dan pemukul kasti
G.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan awal 15 menit
1.
Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka Guru
mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin doa
1.
Guru mengabsen siswa
2.
Guru melakukan apersepsi dan motivasi bagi siswa.
3.
Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan tujuan yang
akan dicapai
Kegiatan Inti
Langkah-langkah
kegiatan:
1.
Siswa
menyimak wacana yang dibacakan guru.
2.
Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang isi teks.
3.
Siswa
membaca nyaring teks deskriptif tentang permainan kasti.
4.
Siswa
menjelaskan aturan bermain kasti.
5.
Berikut
ini adalah prosedur permainan kasti.
•
Siswa
dibagi menjadi dua kelompok atau empat kelompok (sesuai dengan jumlah siswa
dalam satu kelas).
•
Guru
mengundi untuk menentukan kelompok mana yang mendapat giliran pertama melakukan
pemukulan bola.
•
Jika
empat kelompok, dibuat dua grup. Ada dua kelompok yang melakukan permainan
pertama dan dua kelompok mendapat giliran kedua.
•
Misalnya,
ada dua kelompok masing-masing terdiri atas sepuluh orang.
•
Kelompok
yang mendapat giliran memukul pertama kali bersiap di lapangan pada posisi
masing-masing.
•
Tempat-tempat
yang menjadi tempat pemberhentian sudah ditentukan. Jumlahnya tergantung
banyaknya pemain dalam satu kelompok.
•
Jika
satu kelompok ada sepuluh orang, kelompok yang tidak memukul bola harus berada
pada posisi pemukul bola, penangkap bola, siswanya delapan orang menjaga tempat
pemberhentian sebanyak delapan tempat.
•
Kelompok
yang memukul bola secara bergiliran akan memukul bola.
•
Pemain
pertama memukul bola. Ia harus lari ke tempat pemberhentian pertama. Jika penangkap
bola belum berhasil menangkap bola ia bisa berlari ketempat pemberhentian
selanjutnya. Berikutnya pemukul kedua melakukan hal yang sama dengan pemukul
pertama.
•
Jika
penangkap bola berhasil menangkap bola lalu melemparkan bola itu mengenai
pemain pertama/ kedua, kelompok yang memukul bola beralih posisi menjadi
kelompok pelempar bola.
•
Jika
anggota kelompok berhasil ke tempat memukul bola tanpa kena bola yang dilempar
tim lawan, kelompok itu mendapatkan skor.
•
Permainan
berakhir berdasarkan waktu yang telah ditentukan
6.
Pada
akhir permainan, guru menjelaskan pentingnya bekerja sama dalam sebuah tim.
Ketua tim memegang peranan untuk mengatur posisi anggotanya sesuai dengan
kelebihan dan kelemahan yang dimiliki anggotanya. Seluruh anggota tim harus percaya
pada ketua tim sehingga tim dapat bermain secara efektif dan memenangkan
pertandingan.
7.
Siswa
mendengarkan pentingnya sportivitas. Berani mengakui kekalahan dan
mengapresiasi kemenangan lawan.
8.
Guru
berperan untuk mengingatkan tim yang kalah dan tim yang menang bahwa ini hanya
permainan olahraga untuk kesehatan tubuh dan kebersamaan.
9.
Siswa
menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang tertera di buku siswa.
10.
Usai
praktek bermain kasti, siswa mengamati kembali gambar lapangan kasti yang
tertera di buku.
11.
Siswa
mengobservasi jumlah pemain kasti yang berada di dalam lapangan.
12.
Siswa
mengobservasi jumlah pemain kasti yang mengenakan kaos merah.
13.
Siswa
menjumlahkan total pemain kasti yang ada di
dalam dan di luar lapangan.
14.
Setelah
melakukan observasi, siswa mengingat kembali nama-nama alat olahraga sambil
belajar penjumlahan.
15.
Siswa
mengamati gambar alat-alat olahraga, menyebutkannya lagi dan menghitung
jumlahnya dengan menggunakan bilangan 6-10.
16.
Siswa
kembalimengamati gambar alat-alat olahraga dan berlatih melakukan operasi
penjumlahan.
17.
Usai
mengerjakan penjumlahan, siswa mengamati gambar dan membuat kalimat matematika.
18.
Kegiatan
ditutup dengan kesepakatan untuk menjunjung sikap tertib dalam mengikuti aturan.
Kegiatan Ahir menit
1.
Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang belum dipelajari dengan
arahan guru siswa melakukan refleksi dan kegiatan yang sudah dilakukan.
2.
Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengairi dan meminta salah seorang
siswa memimpin doa
H.PENILAIAN PELAJARAN
1. Penilaian Sikap
|
NO
|
NAMA
|
Percaya Diri
|
Tertib
|
Santun
|
|||||||||
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
|
1
|
Aditya
Dwi Kurniawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aruman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Beli
Alfaisal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Della
Octaviani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Dio
Arya Wijaya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Edo
Rendi Okia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Elviana
Jalianti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Fathur
Rohman Fauzi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Fitra
Adi Pangestu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Jesa
Sanda Saputra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Lina
Astuti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Muhammad
Umar Cholil Al Rosid
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Nisa
Alfiana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Rika
Yeti Wahyuni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Zahrotul
Khoiriah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Zubaidatul
Khoiriyah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Zubaidatul
Inayah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Zulkarnain
Furqon
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Zunaidi
Al Amin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Zuyana
Salsabila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.Penilaian Pengetahuan
Tes Tertulis (lembar kerja di buku siswa )
3.Penilaian
Keterampilan
Lembar Pengamatan Kegiatan
Permainan Kuda Bisik
No. Kriteria
Terlihat ()
Belum Terlihat ()
1.Kemampuan memukul bola
2.Kemampuan berlari
3. kerjasama dalam permainan
|
NO
|
NAMA
|
TERLIHAT
|
BELUM TERLIHAT
|
|
1
|
Aditya
Dwi Kurniawan
|
|
|
|
2
|
Aruman
|
|
|
|
3
|
Beli
Alfaisal
|
|
|
|
4
|
Della
Octaviani
|
|
|
|
5
|
Dio
Arya Wijaya
|
|
|
|
6
|
Edo
Rendi Okia
|
|
|
|
7
|
Elviana
Jalianti
|
|
|
|
8
|
Fathur
Rohman Fauzi
|
|
|
|
9
|
Fitra
Adi Pangestu
|
|
|
|
10
|
Jesa
Sanda Saputra
|
|
|
|
11
|
Lina
Astuti
|
|
|
|
12
|
Muhammad
Umar Cholil Al Rosid
|
|
|
|
13
|
Nisa
Alfiana
|
|
|
|
14
|
Rika
Yeti Wahyuni
|
|
|
|
15
|
Zahrotul
Khoiriah
|
|
|
|
16
|
Zubaidatul
Khoiriyah
|
|
|
|
17
|
Zubaidatul
Inayah
|
|
|
|
18
|
Zulkarnain
Furqon
|
|
|
|
19
|
Zunaidi
Al Amin
|
|
|
|
20
|
Zuyana
Salsabila
|
|
|
|
Mengetahui,
|
Bumi Harapan. September
2014
|
|
Kepala Sekolah SDN 01 Bumi Harapan
|
Guru Kelas 1
|
|
|
|
|
Ngatmo, S. Pd
NIP 1968071719990310004
|
Subaryani, S.Pdi
NIP:196402281985032001
|
No comments:
Post a Comment