Friday, 4 January 2019

Contoh RPP SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)

Satuan Pendidikan    : SDN 01 BUMI HARAPAN
Kelas /  Semester         1 / 1  
Tema                          : KEGEMARANKU
Sub  Tema                  : Gemar Berolahraga
Waktu                                    : 1 x Pertemuan ( 5 JP)
Pembelajaran                        : 6

A.KOMPETENSI  INTI  (K1)
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggukg jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.        

B.KOMPETENSI DASAR (KD)DAN INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
1.1  Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2  Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
1.3  Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.2 Mempraktikkan teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Ind Indikatorikator
• Mengidentifikas teks arahan dan kebugaran tubuh
• Menerapkan teks arahan tentang pemeliharaan kebugaran tubuh

PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidakternilai
 2.1 Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
2.2 Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama pembelajaran penjas
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
3.3 Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
indikator
• Mengidentifikasi gerak lokomotor
• Mengidentifikasi gerak manipulatif
• Mempraktikkan gerak lokomotor
• Mempraktikkan gerak manipulatif
Bahasa Indonesia
PPK
PPKN
1.2         Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa  di lingkungan rumah dan sekolah
 2.1   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya  diridalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2    Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan    sehari-hari di rumah dan sekolah
2.3    Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
indikator
• Menjelaskan tata tertib permainan
• Mengikuti aturan dalam permainan kasti

MATEMATIKA
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku patuh pada aturan dalam melakukan penjumlahan dan  pengurangan sesuai prosedur/aturan dengan memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan
2.2 Menunjukkan perilaku teliti dan peduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang),beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya
indikator
• Menghitung benda-benda dari 1 - 20
• Menyelesaikan operasi penjumlahan
• Membuat kalimat matematika dari suatu masalah yang dihadapi seharihari


C. TUJUAN PEMBELAJARAN:
1.      Dengan menyimak teks, siswa dapat menyebutkan isi teks dengan percaya diri.
2.      Dengan membaca nyaring, siswa mampu menjelaskan aturan-aturan bermain kasti dengan sopan.
3.      Dengan mengetahui aturan bermain kasti siswa dapat melakukan praktik bermain kasti dengan tertib.
4.      Dengan bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan gerakan-gerakan dalam permainan
5.      kasti dengan percaya diri.
6.      Dengan mengenal gerakan-gerakan dalam permainan, siswa dapat mempraktikkan gerakan-gerakan melalui permainan kasti dengan tertib.
7.      Dengan kegiatan mengingat kembali benda-benda yang berkaitan dengan olahraga, siswa mampu menghitung dan menjumlahkan benda-denda dengan tepat.

D.MATERI PEMBELAJARAN
1.Bermain Kasti (PJOK buku siswa hal 25 )
2.Mengingat bilangan 6 - 10 ( Matematika buku siswa hal 26-29 )

E.METODE  DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Metode            : (ceramah,diskusi,tanya jawab)
Pendekatan     :saintifik ( mengamati,menanya,mengumpulkan informasi /eksperimen, mengasosiasi/menara dan mengkomunikasikan).
F.MEDIA,ALAT,DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.Buku siswa tema 2 ;KEGEMARANKU. Hal 23-32
2.Buku guru tema 2 : KEGEMARANKU  Hal 25-28
3.Bola kasti dan pemukul kasti
G.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan awal   15 menit
1.      Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin doa
1.      Guru mengabsen siswa
2.      Guru melakukan apersepsi dan motivasi bagi siswa.
3.      Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan tujuan yang akan dicapai
Kegiatan Inti
Langkah-langkah kegiatan:
1.      Siswa menyimak wacana yang dibacakan guru.
2.      Siswa menjawab pertanyaan guru tentang isi teks.
3.      Siswa membaca nyaring teks deskriptif tentang permainan kasti.
4.      Siswa menjelaskan aturan bermain kasti.
5.      Berikut ini adalah prosedur permainan kasti.
         Siswa dibagi menjadi dua kelompok atau empat kelompok (sesuai dengan jumlah siswa dalam satu kelas).
         Guru mengundi untuk menentukan kelompok mana yang mendapat giliran pertama melakukan pemukulan bola.
         Jika empat kelompok, dibuat dua grup. Ada dua kelompok yang melakukan permainan pertama dan dua kelompok mendapat giliran kedua.
         Misalnya, ada dua kelompok masing-masing terdiri atas sepuluh orang.
         Kelompok yang mendapat giliran memukul pertama kali bersiap di lapangan pada posisi masing-masing.
         Tempat-tempat yang menjadi tempat pemberhentian sudah ditentukan. Jumlahnya tergantung banyaknya pemain dalam satu kelompok.
         Jika satu kelompok ada sepuluh orang, kelompok yang tidak memukul bola harus berada pada posisi pemukul bola, penangkap bola, siswanya delapan orang menjaga tempat pemberhentian sebanyak delapan tempat.
         Kelompok yang memukul bola secara bergiliran akan memukul bola.
         Pemain pertama memukul bola. Ia harus lari ke tempat pemberhentian pertama. Jika penangkap bola belum berhasil menangkap bola ia bisa berlari ketempat pemberhentian selanjutnya. Berikutnya pemukul kedua melakukan hal yang sama dengan pemukul pertama.
         Jika penangkap bola berhasil menangkap bola lalu melemparkan bola itu mengenai pemain pertama/ kedua, kelompok yang memukul bola beralih posisi menjadi kelompok pelempar bola.
         Jika anggota kelompok berhasil ke tempat memukul bola tanpa kena bola yang dilempar tim lawan, kelompok itu mendapatkan skor.
         Permainan berakhir berdasarkan waktu yang telah ditentukan

6.      Pada akhir permainan, guru menjelaskan pentingnya bekerja sama dalam sebuah tim. Ketua tim memegang peranan untuk mengatur posisi anggotanya sesuai dengan kelebihan dan kelemahan yang dimiliki anggotanya. Seluruh anggota tim harus percaya pada ketua tim sehingga tim dapat bermain secara efektif dan memenangkan pertandingan.
7.      Siswa mendengarkan pentingnya sportivitas. Berani mengakui kekalahan dan mengapresiasi kemenangan lawan.
8.      Guru berperan untuk mengingatkan tim yang kalah dan tim yang menang bahwa ini hanya permainan olahraga untuk kesehatan tubuh dan kebersamaan.
9.      Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang tertera di buku siswa.
10.  Usai praktek bermain kasti, siswa mengamati kembali gambar lapangan kasti yang tertera di buku.
11.  Siswa mengobservasi jumlah pemain kasti yang berada di dalam lapangan.
12.  Siswa mengobservasi jumlah pemain kasti yang mengenakan kaos merah.
13.  Siswa menjumlahkan total pemain kasti yang ada di
dalam dan di luar lapangan.
14.  Setelah melakukan observasi, siswa mengingat kembali nama-nama alat olahraga sambil belajar penjumlahan.
15.  Siswa mengamati gambar alat-alat olahraga, menyebutkannya lagi dan menghitung jumlahnya dengan menggunakan bilangan 6-10.
16.  Siswa kembalimengamati gambar alat-alat olahraga dan berlatih melakukan operasi penjumlahan.
17.  Usai mengerjakan penjumlahan, siswa mengamati gambar dan membuat kalimat matematika.
18.  Kegiatan ditutup dengan kesepakatan untuk menjunjung sikap tertib dalam mengikuti aturan.
Kegiatan Ahir     menit
1.      Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang belum dipelajari dengan arahan guru siswa melakukan refleksi dan kegiatan yang sudah dilakukan.
2.      Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengairi dan meminta salah seorang siswa memimpin doa



H.PENILAIAN PELAJARAN
1. Penilaian Sikap
NO

NAMA
Percaya Diri
Tertib
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Aditya Dwi Kurniawan












2
Aruman












3
Beli Alfaisal












4
Della Octaviani












5
Dio Arya Wijaya












6
Edo Rendi Okia












7
Elviana Jalianti












8
Fathur Rohman Fauzi












9
Fitra Adi Pangestu












10
Jesa Sanda Saputra












11
Lina Astuti












12
Muhammad Umar Cholil Al Rosid












13
Nisa Alfiana












14
Rika Yeti Wahyuni












15
Zahrotul Khoiriah












16
Zubaidatul Khoiriyah












17
Zubaidatul Inayah












18
Zulkarnain Furqon












19
Zunaidi Al Amin












20
Zuyana Salsabila












2.Penilaian Pengetahuan
Tes Tertulis (lembar kerja di buku siswa )
           3.Penilaian Keterampilan
Lembar Pengamatan Kegiatan Permainan Kuda Bisik
No. Kriteria Terlihat () Belum Terlihat ()
1.Kemampuan memukul bola
2.Kemampuan berlari
3. kerjasama dalam permainan
NO
NAMA
TERLIHAT
BELUM TERLIHAT
1
Aditya Dwi Kurniawan


2
Aruman


3
Beli Alfaisal


4
Della Octaviani


5
Dio Arya Wijaya


6
Edo Rendi Okia


7
Elviana Jalianti


8
Fathur Rohman Fauzi


9
Fitra Adi Pangestu


10
Jesa Sanda Saputra


11
Lina Astuti


12
Muhammad Umar Cholil Al Rosid


13
Nisa Alfiana


14
Rika Yeti Wahyuni


15
Zahrotul Khoiriah


16
Zubaidatul Khoiriyah


17
Zubaidatul Inayah


18
Zulkarnain Furqon


19
Zunaidi Al Amin


20
Zuyana Salsabila



Mengetahui, 
Bumi Harapan.   September 2014                       
Kepala Sekolah SDN 01 Bumi Harapan
Guru Kelas 1




Ngatmo, S. Pd
NIP 1968071719990310004
Subaryani, S.Pdi
NIP:196402281985032001

No comments:

Post a Comment