Friday, 4 January 2019

Contoh RPP Sekolah Dasar


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)

Satuan Pendidikan    : SDN 01 BUMI HARAPAN
Kelas /  Semester         1 / 1  
Tema                          : KEGEMARANKU
Sub  Tema                  : Gemar Berolahraga
Waktu                                    : 1 x Pertemuan ( 5 JP)
Pembelajaran                        : 3

A.KOMPETENSI  INTI  (K1)
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggukg jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.        

B.KOMPETENSI DASAR (KD)DAN INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
1.1  Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2  Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
1.3  Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator
• Mengamati teks deskriptif tentang anggota tubuh
• Mempraktikkan teks deskriptif tentang anggota tubuh

PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidakternilai
 2.1 Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
2.2 Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama pembelajaran penjas
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainansederhana dan atau tradisional

PPKN
1.1        Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa  di lingkungan rumah dan sekolah
 2.1   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya  diridalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2    Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan    sehari-hari di rumah dan sekolah
2.3    Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan
3.2    Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2   Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
        • Mengidentifikasi aturan sederhana di sekolah
        • Menunjukkan sikap tertib saat mengikuti kegiatan permainan di sekolah

MATEMATIKA
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku patuh pada aturan dalam melakukan penjumlahan dan  pengurangan sesuai prosedur/aturan dengan memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan
2.2 Menunjukkan perilaku teliti dan peduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang),beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar
3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.10 Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf
       Indikator
• Menghitung benda hingga 20
• Menyebutkan bilangan 1 sampai dengan 20
• Mengidentifikasi banyak benda berdasarkan gambar
Matematika
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
• Mengidentifikasi aturan sederhana di sekolah
• Menunjukkan sikap tertib saat mengikuti kegiatan permainan di sekolah


C. TUJUAN PEMBELAJARAN:
1. Dengan menyimak, siswa mampu menyebutkan bagian-bagian tubuh yang terdapat dalam teks melalui permainan kuda bisik dengan percaya diri.
2. Dengan bertanya jawab siswa dapat menjelaskan cara bermain bulu tangkis dengan percaya diri.
3. Dengan membaca nyaring, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan santun.
4. Dengan bertanya jawab siswa dapat mengidentifikasi aturan sederhana permainan sepak bola dengan santun.
5. Dengan bermain “kuda bisik” siswa dapat menunjukkan sikap tertib dengan disiplin.
6. Dengan mengamati gambar, siswa mampu membilang 1-20.
7. Dengan kerja kelompok siswa mampu mengidentifikasi jumlah siswa berdasarkan olahraga kesukaan dengan tepat.
D.MATERI PEMBELAJARAN
1.Mendengarkan  Cerita yang dibacakan guru( buku siswa hal 13 )
2.Membaca dengan suara nyaring ( buku siswa hal 13 )
3.Bermain bola (buku siswa hal 13-16)
4.Harus bekerja sama (buku siswa hal 13-16)
5.Harus menghargai lawan (buku siswa hal 13-16)
6, Membilang sambil mengenal olahraga kegemaran (buku siswa hal 13-16)

E.METODE  DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Metode (ceramah,diskusi,tanya jawab)
Pendekatan:saintifik ( mengamati,menanya,mengumpulkan informasi /eksperimen, mengasosiasi/menara dan mengkomunikasikan).
F.MEDIA,ALAT,DAN SUMBER PEMBELAJARAN
            1.Buku siswa tema 2 ;KEGEMARANKU. Hal 13-16
            2.Buku guru tema 2 : KEGEMARANKU  Hal 13-16
            3.Gambar alat-alat olahraga
G.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan awal   15 menit
1.      Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin doa
1.      Guru mengabsen siswa
2.      Guru melakukan apersepsi dan motivasi bagi siswa.
3.      Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan tujuan yang akan dicapai
Kegiatan Inti
Langkah-langkah kegiatan:
1.      Siswa menyimak guru membacakan teks pendek tentang bagian tubuh yang digunakan saat berolahraga.
2.      Siswa bertanya jawab seputar teks yang baru dibacakan.
3.      Guru menjelaskan cara bermain bulutangkis secara sederhana.
4.      Siswa membaca nyaring teks dengan bantuan guru lalu menjawab      pertanyaan.
5.      Kemudian siswa menyebutkan kalimat tentang bagianbagian tubuh yang terdapat dalam teks.
6.      Siswa mendengarkan aturan permainan “Kuda Bisik”.
7.      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok.
• Siswa berbaris berbanjar ke belakang dalam kelompok masing-masing.
• Satu perwaki[an siswa dari kelompok masing -masingberkumpul dan mendengarkan kalimat
yang dibacakan guru. Misalnya, “bulutangkis menggerakkan tubuh”.
• Setelah mendengar aba-aba dari guru, setiap perwakilan siswa membisikkan kata-kata  yang didengarnya dari guru kepada teman di barisan
paling depan.
• Kemudian siswa di barisan paling depan membisikkan kalimat tersebut kepada teman di belakangnya dan seterusnya sampai kepada siswa
yang berada di barisan paling belakang.
Setelah selesai guru meminta siswa di bagian paling belakang menyampaikan kalimat yang didengarnya kepada guru.  
• Guru mencatat dan mengecek kebenaran jawaba dan meneliti kesalahan penyampaian dengan meminta siswa mengulang apa yang telahdibisikkan pada teman.
8.      Guru memberikan apresiasi hasil kerja dan ketertiban masing-masing kelompok.
9.      Permainan diulang dengan guru membisikkan kalimatkalimat lain yang berhubungan dengan teks.
     10. Perwakilan kelompok harus dipilih secara bergilir.
11. Setelah waktu permainan habis siswa diminta menyampaikan perasaan dan
      pendapatnya mengenai kegiatan tersebut.
12. Siswa melakukkan praktik permainan bulutangkis.
13. Siswa membaca nyaring teks dengan bantuan guru.
14. Siswa bertanya jawab tentang isi teks.
15. Siswa mengidentifikasi aturan sederhana permainan bola melalui diskusi,
      misalnya satu tim sepak bola terdiri dari 11 pemainan.
16. Usai bermain bola siswa mendengarkan penjelasan guru tentang belajar
      menghitung bilangan 1-20.
·         Guru memilih tiga siswa berdasarkan olahraga kegemarannya.
Misalnya, siswa pertama gemar sepak bola, siswa kedua gemar bulu tangkis dan siswa ketiga gemar pencak silat.
·         Siswa lainnya diminta untuk bergabung dengan salah satu dari ketiga siswa tersebut.
·         Siswa diminta menghitung jumlah anggota pada kelompoknya dengan bersuara.
·         Guru menuliskannya di papan tulis, misalnya sepak bola = 11 siswa, bulu tangkis = 13 siswa, dan pencak silat = 16 siswa.
17. Permainan dapat diulang dengan kriteria yang berbeda, misalnya alat olahraga   yang paling disukai atau warna baju sepak bola yang paling disukai, dan seterusnya.
18. Hal yang perlu diperhatikan adalah pembagian kelompok maksimal sebanyak tiga kelompok.
19. Lakukan permainan ini berulang kali sehingga siswa punya banyak pengalaman dalam menghitung bilangan lebih dari 10.
20. Untuk membantu siswa menghubungkan konsep bilangan dengan lambang bilangan, sebaiknya guru menuliskan lambang bilangan dari setiap jumlah anggota kelompok.
21. Kegiatan ini diakhiri dengan meminta siswa mengerjakan latihan di buku siswa.

Kegiatan Ahir     menit
1.      Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang belum dipelajari dengan arahan guru siswa melakukan refleksi dan kegiatan yang sudah dilakukan.
2.      Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengairi dan meminta salah seorang siswa memimpin doa
H.PENILAIAN PELAJARAN
1. Penilaian Sikap
NO

NAMA
Percaya Diri
Santun
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Aditya Dwi Kurniawan












2
Aruman












3
Beli Alfaisal












4
Della Octaviani












5
Dio Arya Wijaya












6
Edo Rendi Okia












7
Elviana Jalianti












8
Fathur Rohman Fauzi












9
Fitra Adi Pangestu












10
Jesa Sanda Saputra












11
Lina Astuti












12
Muhammad Umar Cholil Al Rosid












13
Nisa Alfiana












14
Rika Yeti Wahyuni












15
Zahrotul Khoiriah












16
Zubaidatul Khoiriyah












17
Zubaidatul Inayah












18
Zulkarnain Furqon












19
Zunaidi Al Amin












20
Zuyana Salsabila













2.Penilaian Pengetahuan
Tes Tertulis (lembar kerja di buku siswa )
           3.Penilaian Keterampilan
Lembar Pengamatan Kegiatan Permainan Kuda Bisik
No. Kriteria Terlihat () Belum Terlihat ()
1.Kemampuan menyampaikan kalimat yang dibisikan dengan tepat dari barisan kelompoknya
2.Siswa bersikap aktif dalam permainan kuda bisik
.
NO
NAMA
TERLIHAT
BELUM TERLIHAT
1
Aditya Dwi Kurniawan


2
Aruman


3
Beli Alfaisal


4
Della Octaviani


5
Dio Arya Wijaya


6
Edo Rendi Okia


7
Elviana Jalianti


8
Fathur Rohman Fauzi


9
Fitra Adi Pangestu


10
Jesa Sanda Saputra


11
Lina Astuti


12
Muhammad Umar Cholil Al Rosid


13
Nisa Alfiana


14
Rika Yeti Wahyuni


15
Zahrotul Khoiriah


16
Zubaidatul Khoiriyah


17
Zubaidatul Inayah


18
Zulkarnain Furqon


19
Zunaidi Al Amin


20
Zuyana Salsabila




Mengetahui, 
Bumi Harapan.   September 2014                       
Kepala Sekolah SDN 01 Bumi Harapan
Guru Kelas 1






Ngatmo, S. Pd
NIP 1968071719990310004
Subaryani, S.Pdi
NIP:196402281985032001

No comments:

Post a Comment