RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 01 BUMI HARAPAN
Kelas /
Semester 1 / 1
Tema :
KEGEMARANKU
Sub
Tema : Gemar
Berolahraga
Waktu :
1 x Pertemuan ( 5 JP)
Pembelajaran : 3
A.KOMPETENSI INTI
(K1)
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggukg jawab, santun, peduli, dan percaya
diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya
di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.KOMPETENSI DASAR (KD)DAN INDIKATOR
BAHASA
INDONESIA
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha
Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar
di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2 Memiliki
perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
1.3 Memiliki
perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota
tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif
tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa
siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator
• Mengamati teks deskriptif tentang anggota
tubuh
• Mempraktikkan teks deskriptif tentang anggota
tubuh
PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh
perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidakternilai
2.1 Menunjukkan perilaku percaya diri dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
2.2 Menunjukkan perilaku santun kepada
teman dan guru selama pembelajaran penjas
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama
dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan
teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai
aktivitas fisik
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan
dalam permainan
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor
sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak,
hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor
sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan
dan usaha, dalam berbagai bentuk permainansederhana dan atau tradisional
PPKN
1.1
Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.1
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diridalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2
Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
2.3
Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan
3.2
Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
di rumah dan sekolah
4.2
Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
• Mengidentifikasi aturan sederhana di
sekolah
• Menunjukkan sikap tertib saat
mengikuti kegiatan permainan di sekolah
MATEMATIKA
1.1 Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku patuh pada
aturan dalam melakukan penjumlahan dan
pengurangan sesuai prosedur/aturan dengan memperhatikan nilai tempat
puluhan dan satuan
2.2 Menunjukkan perilaku teliti dan
peduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi
(bangun datar, bangun ruang),beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai
terbesar
3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan
menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.10 Membaca dan mendeskripsikan data pokok
yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf
Indikator
•
Menghitung benda hingga 20
•
Menyebutkan bilangan 1 sampai dengan 20
•
Mengidentifikasi banyak benda berdasarkan gambar
Matematika
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah
dan sekolah
•
Mengidentifikasi aturan sederhana di sekolah
•
Menunjukkan sikap tertib saat mengikuti kegiatan permainan di sekolah
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN:
1. Dengan menyimak, siswa mampu menyebutkan
bagian-bagian tubuh yang terdapat dalam teks melalui permainan kuda bisik
dengan percaya diri.
2. Dengan bertanya jawab siswa dapat
menjelaskan cara bermain bulu tangkis dengan percaya diri.
3. Dengan membaca nyaring, siswa dapat
menjawab pertanyaan dengan santun.
4. Dengan bertanya jawab siswa dapat
mengidentifikasi aturan sederhana permainan sepak bola dengan santun.
5. Dengan bermain “kuda bisik” siswa
dapat menunjukkan sikap tertib dengan disiplin.
6. Dengan mengamati gambar, siswa mampu
membilang 1-20.
7. Dengan kerja kelompok siswa mampu
mengidentifikasi jumlah siswa berdasarkan olahraga kesukaan dengan tepat.
D.MATERI
PEMBELAJARAN
1.Mendengarkan Cerita yang dibacakan guru( buku siswa hal 13
)
2.Membaca dengan suara nyaring (
buku siswa hal 13 )
3.Bermain bola (buku siswa hal
13-16)
4.Harus bekerja sama (buku siswa
hal 13-16)
5.Harus menghargai lawan (buku
siswa hal 13-16)
6, Membilang sambil mengenal
olahraga kegemaran (buku siswa hal 13-16)
E.METODE DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Metode (ceramah,diskusi,tanya jawab)
Pendekatan:saintifik ( mengamati,menanya,mengumpulkan informasi
/eksperimen, mengasosiasi/menara dan mengkomunikasikan).
F.MEDIA,ALAT,DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.Buku siswa tema 2 ;KEGEMARANKU.
Hal 13-16
2.Buku guru tema 2 : KEGEMARANKU Hal 13-16
3.Gambar alat-alat olahraga
G.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan awal 15 menit
1.
Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka Guru
mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin doa
1.
Guru mengabsen siswa
2.
Guru melakukan apersepsi dan motivasi bagi siswa.
3.
Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan tujuan yang
akan dicapai
Kegiatan Inti
Langkah-langkah
kegiatan:
1.
Siswa
menyimak guru membacakan teks pendek tentang bagian tubuh yang digunakan saat
berolahraga.
2.
Siswa
bertanya jawab seputar teks yang baru dibacakan.
3.
Guru
menjelaskan cara bermain bulutangkis secara sederhana.
4.
Siswa
membaca nyaring teks dengan bantuan guru lalu menjawab pertanyaan.
5.
Kemudian
siswa menyebutkan kalimat tentang bagianbagian tubuh yang terdapat dalam teks.
6.
Siswa
mendengarkan aturan permainan “Kuda Bisik”.
7.
Siswa
dibagi dalam beberapa kelompok.
•
Siswa berbaris berbanjar ke belakang dalam kelompok masing-masing.
•
Satu perwaki[an siswa dari kelompok masing -masingberkumpul dan mendengarkan
kalimat
yang
dibacakan guru. Misalnya, “bulutangkis menggerakkan tubuh”.
•
Setelah mendengar aba-aba dari guru, setiap perwakilan siswa membisikkan
kata-kata yang didengarnya dari guru
kepada teman di barisan
paling
depan.
•
Kemudian siswa di barisan paling depan membisikkan kalimat tersebut kepada
teman di belakangnya dan seterusnya sampai kepada siswa
yang
berada di barisan paling belakang.
Setelah
selesai guru meminta siswa di bagian paling belakang menyampaikan
kalimat yang didengarnya kepada guru.
•
Guru mencatat dan mengecek kebenaran jawaba dan meneliti kesalahan penyampaian
dengan meminta siswa mengulang apa yang telahdibisikkan pada teman.
8.
Guru
memberikan apresiasi hasil kerja dan ketertiban masing-masing kelompok.
9.
Permainan
diulang dengan guru membisikkan kalimatkalimat lain yang berhubungan dengan
teks.
10. Perwakilan kelompok harus dipilih
secara bergilir.
11. Setelah
waktu permainan habis siswa diminta menyampaikan perasaan dan
pendapatnya mengenai kegiatan tersebut.
12.
Siswa melakukkan praktik permainan bulutangkis.
13.
Siswa membaca nyaring teks dengan bantuan guru.
14.
Siswa bertanya jawab tentang isi teks.
15.
Siswa mengidentifikasi aturan sederhana permainan bola melalui diskusi,
misalnya satu tim sepak bola terdiri dari
11 pemainan.
16.
Usai bermain bola siswa mendengarkan penjelasan guru tentang belajar
menghitung bilangan 1-20.
·
Guru
memilih tiga siswa berdasarkan olahraga kegemarannya.
Misalnya, siswa pertama
gemar sepak bola, siswa kedua gemar bulu tangkis dan siswa ketiga gemar pencak
silat.
·
Siswa
lainnya diminta untuk bergabung dengan salah satu dari ketiga siswa tersebut.
·
Siswa
diminta menghitung jumlah anggota pada kelompoknya dengan bersuara.
·
Guru
menuliskannya di papan tulis, misalnya sepak bola = 11 siswa, bulu tangkis = 13
siswa, dan pencak silat = 16 siswa.
17. Permainan dapat diulang
dengan kriteria yang berbeda, misalnya alat olahraga yang paling disukai atau warna baju sepak
bola yang paling disukai, dan seterusnya.
18. Hal yang perlu diperhatikan
adalah pembagian kelompok maksimal sebanyak tiga kelompok.
19. Lakukan permainan ini
berulang kali sehingga siswa punya banyak pengalaman dalam menghitung bilangan
lebih dari 10.
20. Untuk membantu siswa
menghubungkan konsep bilangan dengan lambang bilangan, sebaiknya guru
menuliskan lambang bilangan dari setiap jumlah anggota kelompok.
21. Kegiatan ini diakhiri dengan
meminta siswa mengerjakan latihan di buku siswa.
Kegiatan Ahir menit
1.
Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang belum dipelajari dengan
arahan guru siswa melakukan refleksi dan kegiatan yang sudah dilakukan.
2.
Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengairi dan meminta salah seorang
siswa memimpin doa
H.PENILAIAN PELAJARAN
1. Penilaian Sikap
|
NO
|
NAMA
|
Percaya Diri
|
Santun
|
Santun
|
|||||||||
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
|
1
|
Aditya
Dwi Kurniawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aruman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Beli
Alfaisal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Della
Octaviani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Dio
Arya Wijaya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Edo
Rendi Okia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Elviana
Jalianti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Fathur
Rohman Fauzi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Fitra
Adi Pangestu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Jesa
Sanda Saputra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Lina
Astuti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Muhammad
Umar Cholil Al Rosid
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Nisa
Alfiana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Rika
Yeti Wahyuni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Zahrotul
Khoiriah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Zubaidatul
Khoiriyah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Zubaidatul
Inayah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Zulkarnain
Furqon
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Zunaidi
Al Amin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Zuyana
Salsabila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.Penilaian Pengetahuan
Tes Tertulis (lembar kerja di buku siswa )
3.Penilaian
Keterampilan
Lembar Pengamatan Kegiatan
Permainan Kuda Bisik
No. Kriteria
Terlihat ()
Belum Terlihat ()
1.Kemampuan menyampaikan kalimat
yang dibisikan dengan tepat dari barisan kelompoknya
2.Siswa bersikap aktif dalam
permainan kuda bisik
.
|
NO
|
NAMA
|
TERLIHAT
|
BELUM TERLIHAT
|
|
1
|
Aditya
Dwi Kurniawan
|
|
|
|
2
|
Aruman
|
|
|
|
3
|
Beli
Alfaisal
|
|
|
|
4
|
Della
Octaviani
|
|
|
|
5
|
Dio
Arya Wijaya
|
|
|
|
6
|
Edo
Rendi Okia
|
|
|
|
7
|
Elviana
Jalianti
|
|
|
|
8
|
Fathur
Rohman Fauzi
|
|
|
|
9
|
Fitra
Adi Pangestu
|
|
|
|
10
|
Jesa
Sanda Saputra
|
|
|
|
11
|
Lina
Astuti
|
|
|
|
12
|
Muhammad
Umar Cholil Al Rosid
|
|
|
|
13
|
Nisa
Alfiana
|
|
|
|
14
|
Rika
Yeti Wahyuni
|
|
|
|
15
|
Zahrotul
Khoiriah
|
|
|
|
16
|
Zubaidatul
Khoiriyah
|
|
|
|
17
|
Zubaidatul
Inayah
|
|
|
|
18
|
Zulkarnain
Furqon
|
|
|
|
19
|
Zunaidi
Al Amin
|
|
|
|
20
|
Zuyana
Salsabila
|
|
|
|
Mengetahui,
|
Bumi Harapan. September
2014
|
|
Kepala Sekolah SDN 01 Bumi Harapan
|
Guru Kelas 1
|
|
|
|
|
Ngatmo, S. Pd
NIP 1968071719990310004
|
Subaryani, S.Pdi
NIP:196402281985032001
|
No comments:
Post a Comment