Saturday, 5 January 2019

Mahir Membaca Kuasai Informasi Oleh: Dr. Ella Yulaelawati



Mahir membaca mengandung makna melampaui kemampuan
membaca bunyi teks. Mahir membaca adalah mahir memahami makna
wacana bacaan secara mendalam disertai dengan kemampuan
membaca dan menafsirkan konteks dari wacana tersebut. Kondisi sosial,
budaya, dan ekonomi, sebagai latar suatu wacana bacaan yang tersedia
dapat dicerna dan dipahami dengan baik. Seseorang yang mahir
membaca adalah seseorang yang mampu membunyikan teks,
memahami wacana, dan menghayati konteks suatu bacaan.
Bagi pembaca mahir, konteks bacaan dipahami berdasarkan
informasi yang memadai. Pembaca yang mahir perlu terampil menulis
untuk menata dan menyimpan informasi yang dapat digunakan dalam
pemahaman bacaan lebih lanjut. Dengan sendirinya, seseorang yang
mahir membaca adalah seseorang yang mampu menguasai informasi.
Untuk dapat menguasai informasi, seseorang diharuskan banyak sekali
membaca dari berbagai media, baik media cetak maupun elektronik. Ia
diharapkan dapat mencari, menyimpan, dan mengelola informasi dengan
menafsirkan informasi dalam bentuk catatan, kliping, tulisan, dan laporan.
Ia juga harus dapat selalu mengkinikan (meng-update) informasi agar tidak
tertinggal. Keikutsertaan dalam mengkinikan informasi memerlukan
kemampuan dalam mempelajari informasi baru sekaligus menyeleksi informasi
yang bermanfaat dan menyisihkan
informasi yang tidak relevan
agar terjadi otomatisasi dalam berkomunikasi
secara efisien. Pengetahuan-
pengetahuan usang yang tidak
bermanfaat dapat dikaji ulang,
bahkan jika perlu dilupakan agar terlepas
dari belenggu statis yang mengundang
ketertinggalan.
Kemahiran mengelola informasi
terkini mencakup kemampuan
meneliti, memilih, menggunakan
informasi disertai data akurat, dan membuang pengetahuan yang tidak
relevan. Dengan demikian, seseorang yang mahir mengelola informasi
akan mampu menciptakan pengetahuan baru.
Mereka yang menguasai dan mengelola informasi, dapat melahirkan
kritik yang bermakna dan membangun. Mereka dapat melahirkan
kritik dengan pemahaman kontekstual berdasarkan data akurat yang
menunjang persoalan-persoalan dalam kehidupan. Dengan kemampuannya,
mereka dapat memberikan gagasan-gagasan baru sebagai solusi
atas permasalahan yang dikemukakannya.
Kemahiran membaca perlu didukung dengan penguasaan bahasa
yang memadai, karena bahasa merupakan wahana perolehan dan
penyampaian informasi dan pengetahuan. Penguasaan bahasa
Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa pemersatu harus
ditingkatkan. Dengan demikian, seseorang dapat berperan aktif dalam
kegiatan-kegiatan antarmasyarakat dan kegiatan nasional ....
(Dikutip seperlunya dari Buletin Pusat Perbukuan, Depdiknas No. 1 Tahun 2006)

No comments:

Post a Comment