Friday, 4 January 2019

Contoh RPP SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)

Satuan Pendidikan    : SDN 01 BUMI HARAPAN
Kelas /  Semester         1 / 1  
Tema                          : KEGEMARANKU
Sub  Tema                  : Gemar Berolahraga
Waktu                                    : 1 x Pertemuan ( 5 JP)
Pembelajaran                        : 4

A.KOMPETENSI  INTI  (K1)
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggukg jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.         

 B.KOMPETENSI DASAR (KD) DAN INDIKATOR

`Bahasa Indonesia

1.1        Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikena sebagai bahasa persatuan dansarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.3  Memiliki perilaku santun dan sikap kasih  sayang melalui pemanfaata bahasa Indonesia dan/atau bahasa daeraah
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasadaerah
3.1. Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.3 Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi degan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1. Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator
• Mengidentifikasi teks deskriptif tentang anggota tubuh
• Mempraktikkan teks deskriptif tentang anggota tubuh
• Mengidentifikasi teks terima kasih
• Mempraktikkan kegiatan terima kasih sesuai teks

SBDP
1.1 merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1 menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengeksresikan diri dalam mengolah karya seni
3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.7 Menyajikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
Indikator
• Mengidentifikasi syair sebuah lagu
• Menyanyikan lagu “Terima Kasih Guruku”

PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai
2.1 Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
2.2 Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama pembelajaran penjas
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
Indikator
• Mengidentifikasi gerak lari sebagai gerak lokomotor
• Melakukan gerak lokomotor (berlari)

PKN
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
Indikator
• Menyebutkan sikap-sikap baik dalam permainan olahraga
• Menunjukkan sikap tertib dalam mengikuti kegiatan olahraga

C.TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan mengamati teks siswa dapat menyebutkan manfaat berolahraga terhadap anggota tubuh dengan santun.
2.      Dengan menyimak guru membaca teks, siswa dapat membaca nyaring teks dengan percaya diri.
3.      Dengan melakukan kegiatan praktik olahraga, siswa mampu menjelaskan apa yang dirasakan setelah praktik olahraga dengan percaya diri.
4.      Dengan menjelaskan apa yang dirasakan setelah praktik olahraga, siswa mampu menjelaskan perbedaan tubuh sebelum dan sesaat setelah berolahraga melalui gambar dengan tertib.
5.      Dengan bertanya jawab, siswa mampu menjelaskan sikap tertib dan patuh pada aturan dengan santun.
6.      Dengan menyimak teks, siswa dapat mengucapkan terima kasih dengan santun.
7.      Dengan mengamati syair lagu “Terima Kasih Guruku” siswa mampu mengidentifikasi pentingnya berterima kasih dengan santun.
8.      Dengan memperhatikan contoh dari guru, siswa mampu menyanyikan lagu “Terima Kasih Guruku” dengan percaya diri.
9.      Dengan mendengarkan petunjuk guru siswa dapat menyebutkan cara berlari dengan santun.
10.  Dengan menyebutkan cara berlari, siswa dapat praktik berlari dengan tertib. 

D.MATERI PEMBELAJARAN
1.Membaca nyaring (Bahasa Indonesia, buku siswa hal 17-18 )
2.Membaca instruksi olahraga (PJOK Buku siswa hal 18-19)
3.Menunjukkan perbuatan baik (PPKN Buku siswa hal 20)
4.Menyanyikan lagu “Terimakasihku” (SBDB Buku siswa hal 21)
 
E.METODE  DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Metode            : ceramah,diskusi,tanya jawab
Pendekatan     : saintifik ( mengamati,menanya,mengumpulkan informasi /eksperimen, mengasosiasi/menara dan mengkomunikasikan).
F.MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.Buku siswa tema 2 ;KEGEMARANKU. Hal 17-20
2.Buku guru tema 2 : KEGEMARANKU  Hal 17-19
3.Pensil/pensil warna/krayon/spidol.
G.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan awal   15 menit
1.      Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka
2.      Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin doa.
3.      Guru mengabsen siswa
4.      Guru melakukan apersepsi dan motivasi bagi siswa.
5.      Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan tujuan yang akan dicapai

Kegiatai Inti
Langkah-langkah kegiatan
1.      Siswa bertanya jawab dengan bantuan guru tentang kesukaan berolahraga, manfaat berolahraga dan yang dirasakan siswa setelah berolahraga.
2.      Siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pengalamannya.
3.      Siswa mendiskusikan jawaban-jawaban yang diungkapkan dengan bimbingan guru.
4.      Guru membacakan teks di buku siswa.
5.      Siswa membaca nyaring teks.
6.      Siswa menyebutkan manfaat berolahraga terhadap anggota tubuh berdasarkan teks yang dibaca.
7.      Siswa menyimak penjelasan guru bagaimana olahraga membuat tubuh kita sehat. Dengan berolahraga, jantung dan paru-paru kita bertambah kuat.
8.      Untuk mengaitkan penjelasan ini dengan hal yang konkret, siswa diminta untuk melakukan percobaan sederhana dengan berlari.
9.      Guru menjelaskan aturan berlari mengelilingi lapangan. Berlari dengan tertib dan tidak perlu tergesa-gesa. Siswa diminta mengenakan sepatu dan baju olahraga.
10.  Siswa diminta untuk mengamati nafasnya masing-masing dengan cara memegang dada sebelah kiri.
11.  Lalu, siswa diminta untuk memegang dada di sebelah kiri tempat jantung berada.
12.  Siswa diminta menceritakan yang mereka rasakan.
13.  Guru membawa siswa ke luar kelas.
14.  Siswa berlari keliling lapangan sebanyak dua putaran (bisa lebih bergantung dari luasnya lapangan sekolah).
15.  Setelah selesai, siswa diminta untuk memegang dadanya kembali dan mengamati perbedaannya dengan sebelum melakukan kegiatan berlari.
16.  Siswa juga mengamati embusan napasnya sendiri.
17.  Siswa diminta untuk menceritakan perbandingan hasil pengamatan sebelum dan setelah melakukan kegiatan berlari secara bergantian.
18.  Siswa mendiskusikan hasil pengamatannya dengan bimbingan guru.
19.  Siswa menyimpulkan kaitan antara berolahraga dengan melatih jantung dan paru-paru kita supaya kuat. Jantung memiliki fungsi yang penting, yaitu memompa darah.
20.  Siswa mengidentifikasi ciri-ciri usai berolahraga melalui gambar.
21.  Usai memperagakan latihan, siswa menyimak guru yang membacakan teks pendek yang ada di buku siswa.
22.  Siswa bertanya jawab sikap-sikap apa yang diperlukan saat bermain bulu tangkis bersama (antara lain sportif, menghargai lawan, santun, mengikuti aturan).
23.  Siswa mendiskusikan jawaban-jawabannya dengan didampingi guru.
24.  Siswa mendengarkan penjelasan lanjutan tentang pentingnya menaati peraturan, menjaga sopan santun, dan menghormati orang lain dalam kehidupan seharihari.
25.  Siswa menyimak bahwa salah satu bentuk menghargai orang lain dan bersikap sopan adalah dengan cara berterima kasih. Terima kasih bisa diungkapkan kepada manusia dan Tuhan. Terima kasih kepada Tuhan untuk mengungkapkan rasa syukur atas anugerah yangdiberikannya kepada kita. Terima kasih kepada manusia disampaikan karena mereka sudah memberi kebaikan untuk kita.
26.  Guru menjelaskan saat yang tepat untuk mengucapkan terima kasih di antaranya:
27.  Saat orang lain telah membantu.
28.  Saat orang lain mengucapkan selamat atas prestasi yang telah kita capai.
29.  Saat orang lain memuji kita (intinya saat orang lain berbuat baik pada kita).
30.  Guru memberikan contoh situasi kepada siswa, misalnyasalah satu siswa membantu saat siswa lain jatuh dari sepeda.
31.  Siswa mendengarkan penjelasan cara mempraktikkan berterima kasih.
32.  Siswa berpasangan untuk bermain peran.
33.  Siswa pertama membantu sesuatu/memberikan pujian/ kebaikan lainnya. Siswa kedua mengucapkan terima kasih.
34.  Kegiatan selanjutnya bertukar peran, siswa kedua melakukan sesuatu untuk siswa pertama, siswa pertama mengucapkan terima kasih.
35.  Kegiatan dilakukan beberapa kali dengan pasangan yang berbeda-beda.
36.  Siswa diajak menyanyikan lagu Terima Kasih Guruku mengikuti guru.
37.  Selanjutnya siswa diminta mengamati gambar yang ada pada buku siswa dan diminta untuk memilih gambar yang menunjukkan sikap baik.


Kegiatan Ahir     menit
1.      Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang belum dipelajari dengan arahan guru siswa melakukan refleksi dan kegiatan yang sudah dilakukan.
2.      Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengairi dan meminta salah seorang siswa memimpin doa


H.PENILAIAN PELAJARAN
1. Penilaian Sikap
NO

NAMA
Percaya Diri
Santun
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Aditya Dwi Kurniawan












2
Aruman












3
Beli Alfaisal












4
Della Octaviani












5
Dio Arya Wijaya












6
Edo Rendi Okia












7
Elviana Jalianti












8
Fathur Rohman Fauzi












9
Fitra Adi Pangestu












10
Jesa Sanda Saputra












11
Lina Astuti












12
Muhammad Umar Cholil Al Rosid












13
Nisa Alfiana












14
Rika Yeti Wahyuni












15
Zahrotul Khoiriah












16
Zubaidatul Khoiriyah












17
Zubaidatul Inayah












18
Zulkarnain Furqon












19
Zunaidi Al Amin












20
Zuyana Salsabila













2.Penilaian Pengetahuan
Tes Tertulis (lembar kerja di buku siswa )
3.Penilaian Keterampilan
Rubrik Kegiatan Menggambar dan Mewarnai
No
Kriteria
Terlihat
Belum Terlihat
1
Partisipasi siswa mengikuti instruksi
guru untuk berlatih


2
Kemampuan siswa menceritakan
hasil pengamatan


3
Mengikuti kegiatan berlari dengan
Antusias



           3.Penilaian Keterampilan


NO

NAMA
Terlihat
Belum Terlihat
1
Aditya Dwi Kurniawan


2
Aruman


3
Beli Alfaisal


4
Della Octaviani


5
Dio Arya Wijaya


6
Edo Rendi Okia


7
Elviana Jalianti


8
Fathur Rohman Fauzi


9
Fitra Adi Pangestu


10
Jesa Sanda Saputra


11
Lina Astuti


12
Muhammad Umar Cholil Al Rosid


13
Nisa Alfiana


14
Rika Yeti Wahyuni


15
Zahrotul Khoiriah


16
Zubaidatul Khoiriyah


17
Zubaidatul Inayah


18
Zulkarnain Furqon


19
Zunaidi Al Amin


20
Zuyana Salsabila


    

Mengetahui, 
Bumi Harapan.   September 2014                       
Kepala Sekolah SDN 01 Bumi Harapan
Guru Kelas 1






Ngatmo, S. Pd
NIP 1968071719990310004
Subaryani, S.Pdi
NIP:196402281985032001

No comments:

Post a Comment