RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 01 BUMI HARAPAN
Kelas /
Semester 1 / 1
Tema :
KEGEMARANKU
Sub Tema :
Gemar Berolahraga
Waktu :
1 x Pertemuan ( 5 JP)
Pembelajaran : 4
A.KOMPETENSI
INTI
(K1)
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggukg jawab, santun, peduli, dan percaya
diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya
di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B.KOMPETENSI
DASAR (KD) DAN INDIKATOR
`Bahasa Indonesia
1.1
Menerima
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikena sebagai bahasa
persatuan dansarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaata bahasa Indonesia dan/atau
bahasa daeraah
2.5 Memiliki
perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasadaerah
3.1. Mengenal
teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda,
serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman
3.3 Mengenal
teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi degan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman
4.1. Mengamati
dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan
sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian
4.3 Menyampaikan
teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian
Indikator
• Mengidentifikasi teks
deskriptif tentang anggota tubuh
• Mempraktikkan teks deskriptif
tentang anggota tubuh
• Mengidentifikasi teks terima
kasih
• Mempraktikkan kegiatan terima
kasih sesuai teks
SBDP
1.1 merasakan
keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1 menunjukkan
rasa percaya diri untuk berlatih mengeksresikan diri dalam mengolah karya seni
3.1 Mengenal
cara dan hasil karya seni ekspresi
4.7 Menyajikan
lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
Indikator
•
Mengidentifikasi syair sebuah lagu
• Menyanyikan
lagu “Terima Kasih Guruku”
PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan
yang tidak ternilai
2.1 Menunjukkan
perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk
permainan
2.2 Menunjukkan
perilaku santun kepada teman dan guru selama pembelajaran penjas
2.4 Menunjukkan
kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
2.5 Toleransi
dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan
2.6 Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik
2.7 Menerima
kekalahan dan kemenangan dalam permainan
3.1 Mengetahui
konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan,
arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional
4.1
Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh
yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional
Indikator
•
Mengidentifikasi gerak lari sebagai gerak lokomotor
• Melakukan
gerak lokomotor (berlari)
PKN
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai
dan moral Pancasila
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan
perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
3.2 Mengenal
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
sekolah
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan sekolah
Indikator
• Menyebutkan
sikap-sikap baik dalam permainan olahraga
• Menunjukkan
sikap tertib dalam mengikuti kegiatan olahraga
C.TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan
mengamati teks siswa dapat menyebutkan manfaat berolahraga terhadap anggota
tubuh dengan santun.
2.
Dengan
menyimak guru membaca teks, siswa dapat membaca nyaring teks dengan percaya
diri.
3.
Dengan
melakukan kegiatan praktik olahraga, siswa mampu menjelaskan apa yang dirasakan
setelah praktik olahraga dengan percaya diri.
4.
Dengan
menjelaskan apa yang dirasakan setelah praktik olahraga, siswa mampu menjelaskan
perbedaan tubuh sebelum dan sesaat setelah berolahraga melalui gambar dengan
tertib.
5.
Dengan
bertanya jawab, siswa mampu menjelaskan sikap tertib dan patuh pada aturan
dengan santun.
6.
Dengan
menyimak teks, siswa dapat mengucapkan terima kasih dengan santun.
7.
Dengan
mengamati syair lagu “Terima Kasih Guruku” siswa mampu mengidentifikasi pentingnya
berterima kasih dengan santun.
8.
Dengan
memperhatikan contoh dari guru, siswa mampu menyanyikan lagu “Terima Kasih
Guruku” dengan percaya diri.
9.
Dengan
mendengarkan petunjuk guru siswa dapat menyebutkan cara berlari dengan santun.
10.
Dengan
menyebutkan cara berlari, siswa dapat praktik berlari dengan tertib.
D.MATERI
PEMBELAJARAN
1.Membaca nyaring (Bahasa Indonesia, buku siswa hal
17-18 )
2.Membaca instruksi olahraga (PJOK Buku siswa hal
18-19)
3.Menunjukkan perbuatan baik (PPKN Buku siswa hal 20)
4.Menyanyikan lagu “Terimakasihku” (SBDB Buku siswa
hal 21)
E.METODE DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Metode : ceramah,diskusi,tanya jawab
Pendekatan : saintifik (
mengamati,menanya,mengumpulkan informasi /eksperimen, mengasosiasi/menara dan
mengkomunikasikan).
F.MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.Buku
siswa tema 2 ;KEGEMARANKU. Hal 17-20
2.Buku guru
tema 2 : KEGEMARANKU Hal 17-19
3.Pensil/pensil
warna/krayon/spidol.
G.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan awal 15 menit
1.
Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka
2.
Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin
doa.
3.
Guru mengabsen siswa
4.
Guru melakukan apersepsi dan motivasi bagi siswa.
5.
Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan tujuan yang
akan dicapai
Kegiatai Inti
Langkah-langkah kegiatan
1.
Siswa
bertanya jawab dengan bantuan guru tentang kesukaan berolahraga, manfaat
berolahraga dan yang dirasakan siswa setelah berolahraga.
2.
Siswa
diberi kesempatan untuk mengemukakan pengalamannya.
3.
Siswa
mendiskusikan jawaban-jawaban yang diungkapkan dengan bimbingan guru.
4.
Guru
membacakan teks di buku siswa.
5.
Siswa
membaca nyaring teks.
6.
Siswa
menyebutkan manfaat berolahraga terhadap anggota tubuh berdasarkan teks yang
dibaca.
7.
Siswa
menyimak penjelasan guru bagaimana olahraga membuat tubuh kita sehat. Dengan
berolahraga, jantung dan paru-paru kita bertambah kuat.
8.
Untuk
mengaitkan penjelasan ini dengan hal yang konkret, siswa diminta untuk melakukan
percobaan sederhana dengan berlari.
9.
Guru
menjelaskan aturan berlari mengelilingi lapangan. Berlari dengan tertib dan tidak
perlu tergesa-gesa. Siswa diminta mengenakan sepatu dan baju olahraga.
10.
Siswa
diminta untuk mengamati nafasnya masing-masing dengan cara memegang dada
sebelah kiri.
11.
Lalu,
siswa diminta untuk memegang dada di sebelah kiri tempat jantung berada.
12.
Siswa
diminta menceritakan yang mereka rasakan.
13.
Guru
membawa siswa ke luar kelas.
14.
Siswa
berlari keliling lapangan sebanyak dua putaran (bisa lebih bergantung dari
luasnya lapangan sekolah).
15.
Setelah
selesai, siswa diminta untuk memegang dadanya kembali dan mengamati
perbedaannya dengan sebelum melakukan kegiatan berlari.
16.
Siswa
juga mengamati embusan napasnya sendiri.
17.
Siswa
diminta untuk menceritakan perbandingan hasil pengamatan sebelum dan setelah
melakukan kegiatan berlari secara bergantian.
18.
Siswa
mendiskusikan hasil pengamatannya dengan bimbingan guru.
19.
Siswa
menyimpulkan kaitan antara berolahraga dengan melatih jantung dan paru-paru
kita supaya kuat. Jantung memiliki fungsi yang penting, yaitu memompa darah.
20.
Siswa
mengidentifikasi ciri-ciri usai berolahraga melalui gambar.
21.
Usai
memperagakan latihan, siswa menyimak guru yang membacakan teks pendek yang ada
di buku siswa.
22.
Siswa
bertanya jawab sikap-sikap apa yang diperlukan saat bermain bulu tangkis
bersama (antara lain sportif, menghargai lawan, santun, mengikuti aturan).
23.
Siswa
mendiskusikan jawaban-jawabannya dengan didampingi guru.
24.
Siswa
mendengarkan penjelasan lanjutan tentang pentingnya menaati peraturan, menjaga
sopan santun, dan menghormati orang lain dalam kehidupan seharihari.
25.
Siswa
menyimak bahwa salah satu bentuk menghargai orang lain dan bersikap sopan
adalah dengan cara berterima kasih. Terima kasih bisa diungkapkan kepada manusia
dan Tuhan. Terima kasih kepada Tuhan untuk mengungkapkan rasa syukur atas
anugerah yangdiberikannya kepada kita. Terima kasih kepada manusia disampaikan
karena mereka sudah memberi kebaikan untuk kita.
26.
Guru
menjelaskan saat yang tepat untuk mengucapkan terima kasih di antaranya:
27.
Saat
orang lain telah membantu.
28.
Saat
orang lain mengucapkan selamat atas prestasi yang telah kita capai.
29.
Saat
orang lain memuji kita (intinya saat orang lain berbuat baik pada kita).
30.
Guru
memberikan contoh situasi kepada siswa, misalnyasalah satu siswa membantu saat
siswa lain jatuh dari sepeda.
31.
Siswa
mendengarkan penjelasan cara mempraktikkan berterima kasih.
32.
Siswa
berpasangan untuk bermain peran.
33.
Siswa
pertama membantu sesuatu/memberikan pujian/ kebaikan lainnya. Siswa kedua
mengucapkan terima kasih.
34.
Kegiatan
selanjutnya bertukar peran, siswa kedua melakukan sesuatu untuk siswa pertama,
siswa pertama mengucapkan terima kasih.
35.
Kegiatan
dilakukan beberapa kali dengan pasangan yang berbeda-beda.
36.
Siswa
diajak menyanyikan lagu Terima Kasih Guruku mengikuti guru.
37.
Selanjutnya
siswa diminta mengamati gambar yang ada pada buku siswa dan diminta untuk
memilih gambar yang menunjukkan sikap baik.
Kegiatan Ahir menit
1.
Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang belum dipelajari dengan
arahan guru siswa melakukan refleksi dan kegiatan yang sudah dilakukan.
2.
Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengairi dan meminta salah seorang
siswa memimpin doa
H.PENILAIAN PELAJARAN
1. Penilaian Sikap
|
NO
|
NAMA
|
Percaya Diri
|
Santun
|
Santun
|
|||||||||
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
|
1
|
Aditya
Dwi Kurniawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aruman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Beli
Alfaisal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Della
Octaviani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Dio
Arya Wijaya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Edo
Rendi Okia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Elviana
Jalianti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Fathur
Rohman Fauzi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Fitra
Adi Pangestu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Jesa
Sanda Saputra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Lina
Astuti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Muhammad
Umar Cholil Al Rosid
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Nisa
Alfiana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Rika
Yeti Wahyuni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Zahrotul
Khoiriah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Zubaidatul
Khoiriyah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Zubaidatul
Inayah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Zulkarnain
Furqon
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Zunaidi
Al Amin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Zuyana
Salsabila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.Penilaian Pengetahuan
Tes Tertulis (lembar kerja di buku siswa )
3.Penilaian Keterampilan
Rubrik Kegiatan Menggambar dan Mewarnai
|
No
|
Kriteria
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
|
1
|
Partisipasi
siswa mengikuti instruksi
guru untuk berlatih
|
|
|
|
2
|
Kemampuan
siswa menceritakan
hasil pengamatan
|
|
|
|
3
|
Mengikuti
kegiatan berlari dengan
Antusias
|
|
|
3.Penilaian
Keterampilan
|
NO
|
NAMA
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
|
1
|
Aditya
Dwi Kurniawan
|
|
|
|
2
|
Aruman
|
|
|
|
3
|
Beli
Alfaisal
|
|
|
|
4
|
Della
Octaviani
|
|
|
|
5
|
Dio
Arya Wijaya
|
|
|
|
6
|
Edo
Rendi Okia
|
|
|
|
7
|
Elviana
Jalianti
|
|
|
|
8
|
Fathur
Rohman Fauzi
|
|
|
|
9
|
Fitra
Adi Pangestu
|
|
|
|
10
|
Jesa
Sanda Saputra
|
|
|
|
11
|
Lina
Astuti
|
|
|
|
12
|
Muhammad
Umar Cholil Al Rosid
|
|
|
|
13
|
Nisa
Alfiana
|
|
|
|
14
|
Rika
Yeti Wahyuni
|
|
|
|
15
|
Zahrotul
Khoiriah
|
|
|
|
16
|
Zubaidatul
Khoiriyah
|
|
|
|
17
|
Zubaidatul
Inayah
|
|
|
|
18
|
Zulkarnain
Furqon
|
|
|
|
19
|
Zunaidi
Al Amin
|
|
|
|
20
|
Zuyana
Salsabila
|
|
|
|
Mengetahui,
|
Bumi Harapan. September
2014
|
|
Kepala Sekolah SDN 01 Bumi Harapan
|
Guru Kelas 1
|
|
|
|
|
Ngatmo, S. Pd
NIP 1968071719990310004
|
Subaryani, S.Pdi
NIP:196402281985032001
|
No comments:
Post a Comment