RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 01 BUMI HARAPAN
Kelas /
Semester 1 / 1
Tema :
KEGEMARANKU
Sub
Tema : Gemar
Berolahraga
Waktu :
1 x Pertemuan ( 5 JP)
Pembelajaran : 5
A.KOMPETENSI INTI
(K1)
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggukg jawab, santun, peduli, dan percaya
diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.KOMPETENSI DASAR (KD)DAN INDIKATOR
PPKN
1.1
Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah
2.1 Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin,tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diridalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib
dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
2.3 Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam
keberagaman di rumah dan
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
indikator
• Mengidentifikasi aturan sederhana di sekolah
• Menunjukkan sikap tertib saat mengikuti
kegiatan permainan di sekolah
PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan
yang tidakternilai
2.1 Menunjukkan perilaku percaya diri dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
2.2 Menunjukkan
perilaku santun kepada teman dan guru selama pembelajaran penjas
2.4 Menunjukkan
kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
2.5 Toleransi
dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan
2.6 Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik
2.7 Menerima
kekalahan dan kemenangan dalam permainan
3.1 Mengetahui
konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang
digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional
4.1
Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh
yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional
Indikator
•
Mengidentifikasi macam-macam gerak dasar lokomotor
• Melakukan
gerak lompat jauh
• Mempraktikkan
gerak lokomotor
MATEMATIKA
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
perilaku patuh pada aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai prosedur/aturan dengan
memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan
2.2 Menunjukkan
perilaku teliti dan peduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas
berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang),beratnya, atau urutan kelompok
terkecil sampai terbesar
3.11
Membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah
sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek)
4.9 Mengumpulkan
dan mengelola data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan
piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horizontal
Indikator
• Mengidentifikasi benda
berdasarkan panjang pendeknya
• Mengukur jarak lompatan dengan menggunakan
alat ukur tidak baku
• Mengumpulkan informasi dalam
bentuk Tabel
SBDB
1.1 merasakan
keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1 menunjukkan
rasa percaya diri untuk berlatih mengeksresikan diri dalam mengolah karya seni
3.2 Mengenal
pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis
4.7 Menyanyikan
lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
Indikator
• Mengidentifikasi syair sebuah
lagu bertema
• Menyanyikan lagu bertema
olahraga
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN:
1. Dengan mengamati
teks, siswa dapat menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dengan percaya diri.
2. Denga mengikuti
teks arahan, siswa melakukan praktik lompat jauh dengan teknik yang benar
dengan percaya diri.
3. Dengan kegiatan
lompat jauh siswa dapat melakukan pengukuran dengan menggunakan alat ukur yang
tidak baku (tali rafia) dengan tertib. Dengan melakukan kegiatan pengukuran
siswa mampu membandingkan jarak lompatannya dengan lompatan temannya dengan
tertib.
4. Dengan kegiatan
membandingkan jarak lompatan, siswa mampu mengisi tabel data hasil pengukuran
dengan tertib.
5. Dengan mengamati
syair lagu dengan bantuan guru, siswa dapat menyebutkan apa saja yang dilakukan
dalam permainan kasti dengan santun.
6. Dengan
mendengarkan guru menyanyikan lagu, siswa mampu menyanyikan lagu bertema
olahraga dengan percaya diri.
D.MATERI
PEMBELAJARAN
1.Lompat Jauh (PJOK, buku siswa hal 22 )
2.Menghitung Lompatan (Matematika siswa hal 23)
3.Menyanyikan lagu Basri “Jago Kasti” (SBDB buku siswa hal 24)
E.METODE DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Metode : (ceramah,diskusi,tanya jawab)
Pendekatan:saintifik ( mengamati,menanya,mengumpulkan informasi
/eksperimen, mengasosiasi/menara dan mengkomunikasikan).
F.MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.Buku siswa
tema 2 ;KEGEMARANKU. Hal 22-24
2.Buku guru
tema 2 : KEGEMARANKU Hal 21-23
3.Teks lagu
Basri “Jago Kasti”
G.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan awal 15 menit
1.
Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka
2.
Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin
doa.
3.
Guru mengabsen siswa
4.
Guru melakukan apersepsi dan motivasi bagi siswa.
5.
Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan tujuan yang
akan dicapai
Kegiatan Inti
Langkah-langkah
kegiatan:
1.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan yang akan dilakukan dan
mempersiapkan diri.
2.
Siswa
diminta mengenakan pakaian olahraga, membawa buku siswa, dan alat tulis.
3.
Setelah
siswa siap, guru mengajak siswa ke halaman/ lapangan sekolah.
4.
Siswa
dibagi ke dalam beberapa kelompok.
5.
Siswa
menyimak teks yang dibacakan guru dan penjelasan kegiatan.
6.
Siswa
mendengarkan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan, yaitu sebagai
berikut:
• Siswa melompat mulai dari garis awal
yang telah ditentukan.
• Semua siswa mengamati lompatan
temantemannya.
• Tempat siswa
mendarat diberi tanda dengan kapur tulis atau kayu (jika dilakukan di lapangan
tanah), lalu diukur dengan menggunakan tali rafia.
• Semua anggota
kelompok mendapat kesempatan melakukan hal yang sama masing masing satu kali lompatan.
• Semua anggota
kelompok membandingkan jarak lompatan dengan bantuan tali rafia.
7.
Dengan
bimbingan guru, siswa mengisi tabel hasil pengamatan yang ada pada buku siswa.
8.
Siswa
melakukan satu kali lagi lompatan dan menuliskan hasil pengamatannya.
9.
Guru
dan siswa mendiskusikan hasil pengamatan kegiatan lompat jauh.
10.
Siswa
menyimpulkan bahwa alat ukur tidak baku dapat membantu pengukuran yang hasilnya
berbedabeda.
11.
Guru
membacakan pertanyaan pada buku siswa dan siswa menuliskan jawabannya dengan
bahasa sederhana.
12.
Siswa
menuliskan jawaban dari pertanyaan bacaan di buku siswa.
13.
Usai
mempergakan latihan, siswa mengamati teks lagu Basri Jago Kasti dengan bantuan
guru.
14.
Siswa
mengidentifikasi apa saja yang dilakukan dalam permainan kasti berdasarkan teks
lagu.
15.
Guru
menyanyikanlagu Basri Jago Kasti.
16.
iswa
menyanyikan lagu bersama-sama dengan bantuan guru.
17.
Siswa
dibagi menjadi empat kelompok.
18.
Siswa
mendengarkan penjelasan tentang kegiatan menyambungkan lagu. Berikut ini adalah
aturannya.
• Setiap
kelompok secara bergiliran menyanyikan sebaris lagu.
• Guru menunjuk
kelompok yang pertama kali menyanyikan baris pertama lagu.
• Guru akan
menunjuk kelompok menyanyikan lagu secara acak.
• Setiap
kelompok diharapkan selalu dalam keadaan siap.
19.
Pada
akhir kegiatan setiap kelompok maju ke depan kelas untuk menyanyikan lagu.
20.
Kegiatan
ditutup dengan mengucap janji bersama untuk giat berolahraga agar badan sehat.
Kegiatan Ahir menit
1.
Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang belum dipelajari dengan
arahan guru siswa melakukan refleksi dan kegiatan yang sudah dilakukan.
2.
Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengairi dan meminta salah seorang
siswa memimpin doa
H.PENILAIAN PELAJARAN
1. Penilaian Sikap
|
NO
|
NAMA
|
Percaya Diri
|
Santun
|
Santun
|
|||||||||
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
|
1
|
Aditya
Dwi Kurniawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aruman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Beli
Alfaisal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Della
Octaviani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Dio
Arya Wijaya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Edo
Rendi Okia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Elviana
Jalianti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Fathur
Rohman Fauzi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Fitra
Adi Pangestu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Jesa
Sanda Saputra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Lina
Astuti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Muhammad
Umar Cholil Al Rosid
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Nisa
Alfiana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Rika
Yeti Wahyuni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Zahrotul
Khoiriah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Zubaidatul
Khoiriyah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Zubaidatul
Inayah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Zulkarnain
Furqon
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Zunaidi
Al Amin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Zuyana
Salsabila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian Pengetahuan
Lembar Pengamatan Kegiatan Permainan
Kuda Bisik
1.Kemampuan melakukan lompat jauh
dengan cara benar
2.Kemampuan mengukur jarak
lompatan
3.Kemampuan membandingkan
lompatan yang paling jauh dan paling dekat
No. Kriteria
Terlihat ()
Belum Terlihat ()
No. Kriteria
Terlihat ()
Belum Terlihat ()
|
NO
|
NAMA
|
TERLIHAT
|
BELUM TERLIHAT
|
|
1
|
Aditya
Dwi Kurniawan
|
|
|
|
2
|
Aruman
|
|
|
|
3
|
Beli
Alfaisal
|
|
|
|
4
|
Della
Octaviani
|
|
|
|
5
|
Dio
Arya Wijaya
|
|
|
|
6
|
Edo
Rendi Okia
|
|
|
|
7
|
Elviana
Jalianti
|
|
|
|
8
|
Fathur
Rohman Fauzi
|
|
|
|
9
|
Fitra
Adi Pangestu
|
|
|
|
10
|
Jesa
Sanda Saputra
|
|
|
|
11
|
Lina
Astuti
|
|
|
|
12
|
Muhammad
Umar Cholil Al Rosid
|
|
|
|
13
|
Nisa
Alfiana
|
|
|
|
14
|
Rika
Yeti Wahyuni
|
|
|
|
15
|
Zahrotul
Khoiriah
|
|
|
|
16
|
Zubaidatul
Khoiriyah
|
|
|
|
17
|
Zubaidatul
Inayah
|
|
|
|
18
|
Zulkarnain
Furqon
|
|
|
|
19
|
Zunaidi
Al Amin
|
|
|
|
20
|
Zuyana
Salsabila
|
|
|
LEMBAR PENGAMATAN KEGIATAN
BERNYANYI BERKELOMPOK
1.Kelompok menyanyikan lagu
dengan lancar 2.Kelompok bernyanyi dengan kompak
|
NO
|
NAMA
|
TERLIHAT
|
BELUM TERLIHAT
|
|
1
|
Aditya
Dwi Kurniawan
|
|
|
|
2
|
Aruman
|
|
|
|
3
|
Beli
Alfaisal
|
|
|
|
4
|
Della
Octaviani
|
|
|
|
5
|
Dio
Arya Wijaya
|
|
|
|
6
|
Edo
Rendi Okia
|
|
|
|
7
|
Elviana
Jalianti
|
|
|
|
8
|
Fathur
Rohman Fauzi
|
|
|
|
9
|
Fitra
Adi Pangestu
|
|
|
|
10
|
Jesa
Sanda Saputra
|
|
|
|
11
|
Lina
Astuti
|
|
|
|
12
|
Muhammad
Umar Cholil Al Rosid
|
|
|
|
13
|
Nisa
Alfiana
|
|
|
|
14
|
Rika
Yeti Wahyuni
|
|
|
|
15
|
Zahrotul
Khoiriah
|
|
|
|
16
|
Zubaidatul
Khoiriyah
|
|
|
|
17
|
Zubaidatul
Inayah
|
|
|
|
18
|
Zulkarnain
Furqon
|
|
|
|
19
|
Zunaidi
Al Amin
|
|
|
|
20
|
Zuyana
Salsabila
|
|
|
|
Mengetahui,
|
Bumi Harapan. September
2014
|
|
Kepala Sekolah SDN 01 Bumi Harapan
|
Guru Kelas 1
|
|
|
|
|
Ngatmo, S. Pd
NIP 1968071719990310004
|
Subaryani, S.Pdi
NIP:196402281985032001
|
No comments:
Post a Comment