Friday, 4 January 2019

Contoh RPP SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)

Satuan Pendidikan    : SDN 01 BUMI HARAPAN
Kelas /  Semester         1 / 1  
Tema                          : KEGEMARANKU
Sub  Tema                  : Gemar Berolahraga
Waktu                                    : 1 x Pertemuan ( 5 JP)
Pembelajaran                        : 5

A.KOMPETENSI  INTI  (K1)
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggukg jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.        

B.KOMPETENSI DASAR (KD)DAN INDIKATOR
PPKN
1.1        Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
 2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya  diridalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan       moral Pancasila
2.2  Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan    sehari-hari di rumah dan sekolah
2.3    Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan
3.2  Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan  sekolah
4.2   Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
            indikator
        • Mengidentifikasi aturan sederhana di sekolah
        • Menunjukkan sikap tertib saat mengikuti kegiatan permainan di sekolah

PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidakternilai
 2.1 Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
2.2 Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama pembelajaran penjas
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

Indikator
• Mengidentifikasi macam-macam gerak dasar lokomotor
• Melakukan gerak lompat jauh
• Mempraktikkan gerak lokomotor

MATEMATIKA
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku patuh pada aturan dalam melakukan penjumlahan dan  pengurangan sesuai prosedur/aturan dengan memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan
2.2 Menunjukkan perilaku teliti dan peduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang),beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar
3.11 Membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek)
4.9 Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horizontal
Indikator
• Mengidentifikasi benda berdasarkan panjang pendeknya
• Mengukur jarak lompatan dengan menggunakan alat ukur tidak baku
• Mengumpulkan informasi dalam bentuk Tabel

SBDB
1.1 merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1 menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengeksresikan diri dalam mengolah karya seni
3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
Indikator
• Mengidentifikasi syair sebuah lagu bertema
• Menyanyikan lagu bertema olahraga

C. TUJUAN PEMBELAJARAN:

1.      Dengan mengamati teks, siswa dapat menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dengan percaya diri.
2.      Denga mengikuti teks arahan, siswa melakukan praktik lompat jauh dengan teknik yang benar dengan percaya diri.
3.      Dengan kegiatan lompat jauh siswa dapat melakukan pengukuran dengan menggunakan alat ukur yang tidak baku (tali rafia) dengan tertib. Dengan melakukan kegiatan pengukuran siswa mampu membandingkan jarak lompatannya dengan lompatan temannya dengan tertib.
4.      Dengan kegiatan membandingkan jarak lompatan, siswa mampu mengisi tabel data hasil pengukuran dengan tertib.
5.      Dengan mengamati syair lagu dengan bantuan guru, siswa dapat menyebutkan apa saja yang dilakukan dalam permainan kasti dengan santun.
6.      Dengan mendengarkan guru menyanyikan lagu, siswa mampu menyanyikan lagu bertema olahraga dengan percaya diri.

D.MATERI PEMBELAJARAN
1.Lompat Jauh (PJOK, buku siswa hal 22 )
2.Menghitung Lompatan (Matematika siswa hal 23)
3.Menyanyikan lagu Basri “Jago Kasti”  (SBDB buku siswa hal 24)


E.METODE  DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Metode : (ceramah,diskusi,tanya jawab)
Pendekatan:saintifik ( mengamati,menanya,mengumpulkan informasi /eksperimen, mengasosiasi/menara dan mengkomunikasikan).
F.MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.Buku siswa tema 2 ;KEGEMARANKU. Hal 22-24
2.Buku guru tema 2 : KEGEMARANKU  Hal 21-23
3.Teks lagu Basri “Jago Kasti”
G.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan awal   15 menit
1.      Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka
2.      Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin doa.
3.      Guru mengabsen siswa
4.      Guru melakukan apersepsi dan motivasi bagi siswa.
5.      Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan tujuan yang akan dicapai
Kegiatan Inti
Langkah-langkah kegiatan:
1.      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan yang akan dilakukan dan mempersiapkan diri.
2.      Siswa diminta mengenakan pakaian olahraga, membawa buku siswa, dan alat tulis.
3.      Setelah siswa siap, guru mengajak siswa ke halaman/ lapangan sekolah.
4.      Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok.
5.      Siswa menyimak teks yang dibacakan guru dan penjelasan kegiatan.
6.      Siswa mendengarkan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan, yaitu sebagai berikut:
• Siswa melompat mulai dari garis awal yang telah ditentukan.
• Semua siswa mengamati lompatan temantemannya.
• Tempat siswa mendarat diberi tanda dengan kapur tulis atau kayu (jika dilakukan di lapangan tanah), lalu diukur dengan menggunakan tali rafia.
• Semua anggota kelompok mendapat kesempatan melakukan hal yang sama masing masing satu kali lompatan.
• Semua anggota kelompok membandingkan jarak lompatan dengan bantuan tali rafia.
7.      Dengan bimbingan guru, siswa mengisi tabel hasil pengamatan yang ada pada buku siswa.
8.      Siswa melakukan satu kali lagi lompatan dan menuliskan hasil pengamatannya.
9.      Guru dan siswa mendiskusikan hasil pengamatan kegiatan lompat jauh.
10.  Siswa menyimpulkan bahwa alat ukur tidak baku dapat membantu pengukuran yang hasilnya berbedabeda.
11.  Guru membacakan pertanyaan pada buku siswa dan siswa menuliskan jawabannya dengan bahasa sederhana.
12.  Siswa menuliskan jawaban dari pertanyaan bacaan di buku siswa.
13.  Usai mempergakan latihan, siswa mengamati teks lagu Basri Jago Kasti dengan bantuan guru.
14.  Siswa mengidentifikasi apa saja yang dilakukan dalam permainan kasti berdasarkan teks lagu.
15.  Guru menyanyikanlagu Basri Jago Kasti.
16.  iswa menyanyikan lagu bersama-sama dengan bantuan guru.
17.  Siswa dibagi menjadi empat kelompok.
18.  Siswa mendengarkan penjelasan tentang kegiatan menyambungkan lagu. Berikut ini adalah aturannya.
• Setiap kelompok secara bergiliran menyanyikan sebaris lagu.
• Guru menunjuk kelompok yang pertama kali menyanyikan baris pertama lagu.
• Guru akan menunjuk kelompok menyanyikan lagu secara acak.
• Setiap kelompok diharapkan selalu dalam keadaan siap.
19.  Pada akhir kegiatan setiap kelompok maju ke depan kelas untuk menyanyikan lagu.
20.  Kegiatan ditutup dengan mengucap janji bersama untuk giat berolahraga agar badan sehat.

Kegiatan Ahir     menit
1.      Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang belum dipelajari dengan arahan guru siswa melakukan refleksi dan kegiatan yang sudah dilakukan.
2.      Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengairi dan meminta salah seorang siswa memimpin doa
H.PENILAIAN PELAJARAN
1. Penilaian Sikap

NO

NAMA
Percaya Diri
Santun
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Aditya Dwi Kurniawan












2
Aruman












3
Beli Alfaisal












4
Della Octaviani












5
Dio Arya Wijaya












6
Edo Rendi Okia












7
Elviana Jalianti












8
Fathur Rohman Fauzi












9
Fitra Adi Pangestu












10
Jesa Sanda Saputra












11
Lina Astuti












12
Muhammad Umar Cholil Al Rosid












13
Nisa Alfiana












14
Rika Yeti Wahyuni












15
Zahrotul Khoiriah












16
Zubaidatul Khoiriyah












17
Zubaidatul Inayah












18
Zulkarnain Furqon












19
Zunaidi Al Amin












20
Zuyana Salsabila














2. Penilaian Pengetahuan
Lembar Pengamatan Kegiatan Permainan Kuda Bisik
1.Kemampuan melakukan lompat jauh dengan cara benar
2.Kemampuan mengukur jarak lompatan
3.Kemampuan membandingkan lompatan yang paling jauh dan paling dekat
No. Kriteria Terlihat () Belum Terlihat ()
No. Kriteria Terlihat () Belum Terlihat ()
                       
                                                           
NO
NAMA
TERLIHAT
BELUM TERLIHAT
1
Aditya Dwi Kurniawan


2
Aruman


3
Beli Alfaisal


4
Della Octaviani


5
Dio Arya Wijaya


6
Edo Rendi Okia


7
Elviana Jalianti


8
Fathur Rohman Fauzi


9
Fitra Adi Pangestu


10
Jesa Sanda Saputra


11
Lina Astuti


12
Muhammad Umar Cholil Al Rosid


13
Nisa Alfiana


14
Rika Yeti Wahyuni


15
Zahrotul Khoiriah


16
Zubaidatul Khoiriyah


17
Zubaidatul Inayah


18
Zulkarnain Furqon


19
Zunaidi Al Amin


20
Zuyana Salsabila



LEMBAR PENGAMATAN KEGIATAN BERNYANYI BERKELOMPOK
1.Kelompok menyanyikan lagu dengan lancar 2.Kelompok bernyanyi dengan kompak

NO
NAMA
TERLIHAT
BELUM TERLIHAT
1
Aditya Dwi Kurniawan


2
Aruman


3
Beli Alfaisal


4
Della Octaviani


5
Dio Arya Wijaya


6
Edo Rendi Okia


7
Elviana Jalianti


8
Fathur Rohman Fauzi


9
Fitra Adi Pangestu


10
Jesa Sanda Saputra


11
Lina Astuti


12
Muhammad Umar Cholil Al Rosid


13
Nisa Alfiana


14
Rika Yeti Wahyuni


15
Zahrotul Khoiriah


16
Zubaidatul Khoiriyah


17
Zubaidatul Inayah


18
Zulkarnain Furqon


19
Zunaidi Al Amin


20
Zuyana Salsabila



Mengetahui, 
Bumi Harapan.   September 2014                       
Kepala Sekolah SDN 01 Bumi Harapan
Guru Kelas 1






Ngatmo, S. Pd
NIP 1968071719990310004
Subaryani, S.Pdi
NIP:196402281985032001

No comments:

Post a Comment