Friday, 4 January 2019

Contoh RPP SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)

Satuan Pendidikan    : SDN 01 BUMI HARAPAN
Kelas /  Semester         1 / 1  
Tema                          : KEGEMARANKU
Sub  Tema                  : Gemar Berolahraga
Waktu                                    : 1 x Pertemuan ( 5 JP)
Pembelajaran                        : 2

A.KOMPETENSI  INTI  (K1)
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggukg jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.        

B.KOMPETENSI DASAR (KD)DAN INDIKATOR
PPKN
1.1        Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa  
di lingkungan rumah dan sekolah
 2.1   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya  diridalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan       moral Pancasila
2.2    Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan    sehari-hari di rumah dan sekolah
2.3    Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan
3.2    Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan  sekolah
4.2   Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
            indikator
        • Mengidentifikasi aturan sederhana di sekolah
        • Menunjukkan sikap tertib saat mengikuti kegiatan permainan di sekolah




BAHASA INDONESIA
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
 3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.2 Mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan  kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan  tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
           
indikator
     • Membaca teks petunjuk pemeliharaan kesehatan tubuh
     • Menyebutkan cara memelihara kesehatan tubuh
     • Mempraktikkan teks arahan merawat kesehatan tubuh

PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidakternilai
 2.1 Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
2.2 Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama pembelajaran penjas
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan
3.2 Mengetahui konsep gerak dasar non lokomotor sesuai dengan dimensi anggotatubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
4.2 Mempraktikkan pola gerak dasar nonlokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan,  arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha,dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
       Indikator
• Mengamati gerak dasar non-lokomotor                                                                                                        • Memperagakan gerak dasar non lokomotor

MATEMATIKA
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku patuh pada aturan dalam melakukan penjumlahan dan  pengurangan sesuai prosedur/aturan dengan memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan
2.2 Menunjukkan perilaku teliti dan peduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang),beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar
3.3 Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/benda konkrit
4.4 Mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang
       Indikator
• Mengidentifikasi pola bilangan menggunakan gambar sederhana
• Membuat pola bilangan dengan menggunakan gambar

C. TUJUAN PEMBELAJARAN:
1.      Dengan kegiatan diskusi siswa mampu menjelaskan manfaat sikap tertib dengan santun.
2.      Dengan menujukkan gambar siswa mampu membedakan antara sikap tertib dan tidak tertib dengan santun.
3.      Dengan kegiatan diskusi di kelas, siswa dapat menunjukkan sikap tertib dengan santun.
4.      Dengan mengamati gambar macam-macam alat olahraga, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis peralatan olahraga dengan percaya diri.
5.      Dengan mengamati guru melakukan gerakan senam, siswa dapat melakukan senam dengan tertib.
6.      Dengan mengamati gambar siswa dapat mengidentifikasi pola gambar dengan tepat.
7.      Dengan berlatih memprediksi pola bilangan melalui gambar, siswa dapat berlatih menciptakan polanya sendiri dengan teliti

D.MATERI PEMBELAJARAN
1.Merapikan alat-alat olahraga (PPKN, buku siswa hal   8-1 2 )
2.Membaca nyaring dan menulis (Bahasa Indonesia Buku siswa hal 8-12)
3.Melengkapi pola bilangan (Matematika buku siswa hal 8-12)
4.Merawat tubuh (PJOK buku siswa 8-12)
E.METODE  DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Metode (ceramah,diskusi,tanya jawab)
Pendekatan:saintifik ( mengamati,menanya,mengumpulkan informasi /eksperimen, mengasosiasi/menara dan mengkomunikasikan).
F.MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
            1.Buku siswa tema 2 ;KEGEMARANKU. Hal 8-12
            2.Buku guru tema 2 : KEGEMARANKU  Hal 8-12
            3.Gambar alat-alat olahraga
G.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan awal   15 menit
1.      Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka
2.      Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin doa.
3.      Guru mengabsen siswa
4.      Guru melakukan apersepsi dan motivasi bagi siswa.
5.      Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan tujuan yang akan dicapai
Kegiatan Inti
Langkah-langkah kegiatan:
1.      Guru menyampaikan bahwa siswa akan melakukan diskusi tentang sikap tertib di rumah.
2.      Guru mengingatkan selama diskusi siswa boleh mengemukakan pendapat, mendengarkan ketika teman berbicara, tidak memotong pembicaraan, berbicara dengan suara yang terdengar, tidak berbisik dan berteriak.
3.      Kemudian siswa mulai berdiskusi tentang manfaat sikap tertib di rumah. Jika mungkin seorang siswa memimpin diskusi dengan bantuan guru.
4.      Pertanyaan yang mungkin muncul antara lain : Apa saja contoh sikap tertib di rumah? Arahkan diskusi tentang aturan usai berolahraga atau bermain di luar rumah.Minta siswa menceritakan kebiasannya usai berolahraga atau bermain di luar rumah.
5.      Guru mengamati sikap siswa selama bertanya jawab,apakah mengikuti dengan tertib, diam saja, mendominasi pembicaraan, dan lain-lain.
6.      Setelah bertanya jawab siswa mendengarkan guru membacakan teks.
7.      Usai mendengarkan guru membacakan teks, siswamembaca nyaring teks dengan bimbingan guru.
8.      Siswa menceritakan kembali isi teks dengan bahasanya sendiri.
9.      Siswa melakukan diskusi tentang pentingnya bersikap ertib di sekolah dengan arahan guru. Apa saja contoh sikap tertib di sekolah? Bagaimana rasanya jika datang kesekolah tepat waktu? Bagaimana jika terlambat? (guru bisa mengarahkan berdasarkan permasalahan yang ada).
10.  Upayakan semua siswa belajar mengemukakanpendapatnya dalam diskusi untuk melatih berpendapat dan memunculkan rasa percaya diri. Amati keberanian siswa untuk mengemukakan pendapat.
11.  Selesai berdiskusi siswa mengidentifikasi sikap tertib melalui gambar yang tertera di buku siswa.
12.  Usai mengidentifikasi perilaku tertib, siswa membaca nyaring teks petunjuk merawat tubuh.
13.  Usai berlatih membaca, siswa menyebutkan kembali informasi yang didapat dari teks.
14.  Kemudian siswa berlatih menerapkan gerakan-gerakan senam yang dapat menyehatkan tubuh melalui kegiatan olahraga. Kegiatan dapat dilakukan di halaman sekolah.
15.   Usai berolahraga siswa mengamati pola bilangan bergambar yang tertera di buku siswa.
16.  Siswa berbagi pendapat tentang hasil pengamatannya.
17.  Siswa belajar melengkapi pola bilangan melalui gambar.
18.  Guru mengulas pola bilangan dengan membuat contoh di papan tulis dengan melibatkan siswa untuk mengisi tempat-tempat kosong.
19.  Kemudian siswa berlatih membuat pola bilangan melalui pola bilangan melalui gambar berdasarkan keinginannya sendiri.
20.  Kegiatan ditutup dengan mengucapakan syukur atas kesehatan yang diberi
Kegiatan Ahir     menit
1.      Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang belum dipelajari dengan arahan guru siswa melakukan refleksi dan kegiatan yang sudah dilakukan.
2.      Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengairi dan meminta salah seorang siswa memimpin doa
H.Penilaian pelajaran
1. Penilaian Sikap

NO

NAMA
Percaya Diri
Santun
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Aditya Dwi Kurniawan












2
Aruman












3
Beli Alfaisal












4
Della Octaviani












5
Dio Arya Wijaya












6
Edo Rendi Okia












7
Elviana Jalianti












8
Fathur Rohman Fauzi












9
Fitra Adi Pangestu












10
Jesa Sanda Saputra












11
Lina Astuti












12
Muhammad Umar Cholil Al Rosid












13
Nisa Alfiana












14
Rika Yeti Wahyuni












15
Zahrotul Khoiriah












16
Zubaidatul Khoiriyah












17
Zubaidatul Inayah












18
Zulkarnain Furqon












19
Zunaidi Al Amin












20
Zuyana Salsabila














2. Penilaian Pengetahuan
Lembar Pengamatan Kegiatan Permainan Kuda Bisik
1.Kemampuan mengemukakan pendapat
2.Mendengarkan ketika teman berbicara
3.Berbicara dengan suara terdengar
No. Kriteria Terlihat () Belum Terlihat ()
No. Kriteria Terlihat () Belum Terlihat ()
                                                                       
NO
NAMA
TERLIHAT
BELUM TERLIHAT
1
Aditya Dwi Kurniawan


2
Aruman


3
Beli Alfaisal


4
Della Octaviani


5
Dio Arya Wijaya


6
Edo Rendi Okia


7
Elviana Jalianti


8
Fathur Rohman Fauzi


9
Fitra Adi Pangestu


10
Jesa Sanda Saputra


11
Lina Astuti


12
Muhammad Umar Cholil Al Rosid


13
Nisa Alfiana


14
Rika Yeti Wahyuni


15
Zahrotul Khoiriah


16
Zubaidatul Khoiriyah


17
Zubaidatul Inayah


18
Zulkarnain Furqon


19
Zunaidi Al Amin


20
Zuyana Salsabila



LEMBAR PENGAMATAN GERAKAN SENAM
1.Menggerakan kepala, 2.Menggerakan bahu, 3.Menggerakan tangan, 4.Menggerakan kaki. A.Terlihat. dan B.Belum terlihat

NO
NAMA
TERLIHAT
BELUM TERLIHAT
1
Aditya Dwi Kurniawan


2
Aruman


3
Beli Alfaisal


4
Della Octaviani


5
Dio Arya Wijaya


6
Edo Rendi Okia


7
Elviana Jalianti


8
Fathur Rohman Fauzi


9
Fitra Adi Pangestu


10
Jesa Sanda Saputra


11
Lina Astuti


12
Muhammad Umar Cholil Al Rosid


13
Nisa Alfiana


14
Rika Yeti Wahyuni


15
Zahrotul Khoiriah


16
Zubaidatul Khoiriyah


17
Zubaidatul Inayah


18
Zulkarnain Furqon


19
Zunaidi Al Amin


20
Zuyana Salsabila



Mengetahui, 
Bumi Harapan.   September 2014                       
Kepala Sekolah SDN 01 Bumi Harapan
Guru Kelas 1






Ngatmo, S. Pd
NIP 1968071719990310004
Subaryani, S.Pdi
NIP:196402281985032001

No comments:

Post a Comment