RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 01 BUMI HARAPAN
Kelas /
Semester 1 / 1
Tema :
KEGEMARANKU
Sub
Tema : Gemar Berolahraga
Waktu :
1 x Pertemuan ( 5 JP)
Pembelajaran : 2
A.KOMPETENSI INTI
(K1)
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggukg jawab, santun, peduli, dan percaya
diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya
di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B.KOMPETENSI DASAR (KD)DAN INDIKATOR
PPKN
1.1
Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
di lingkungan
rumah dan sekolah
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diridalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2
Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah
dan sekolah
2.3 Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam
keberagaman di rumah dan
3.2
Mengenal tata tertib dan aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
indikator
• Mengidentifikasi aturan sederhana di sekolah
• Menunjukkan sikap tertib saat mengikuti
kegiatan permainan di sekolah
BAHASA INDONESIA
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha
Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana
belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap
kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam
hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau
bahasa daerah
3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan
tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman
4.2 Mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang
merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran
tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian
indikator
• Membaca teks petunjuk pemeliharaan kesehatan
tubuh
• Menyebutkan cara memelihara kesehatan
tubuh
• Mempraktikkan teks arahan merawat kesehatan
tubuh
PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat
gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidakternilai
2.1
Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
dalam bentuk permainan
2.2 Menunjukkan perilaku santun kepada teman
dan guru selama pembelajaran penjas
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik
2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan teman
lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas
fisik
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam
permainan
3.2 Mengetahui konsep gerak dasar non
lokomotor sesuai dengan dimensi anggotatubuh yang digunakan, arah, ruang gerak,
hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
permainan tradisional
4.2 Mempraktikkan pola gerak dasar
nonlokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha,dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
Indikator
•
Mengamati gerak dasar non-lokomotor
• Memperagakan
gerak dasar non lokomotor
MATEMATIKA
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku patuh pada aturan
dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan
sesuai prosedur/aturan dengan memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan
2.2 Menunjukkan perilaku teliti dan peduli
dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun
datar, bangun ruang),beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar
3.3 Mengenal dan memprediksi pola-pola
bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/benda konkrit
4.4 Mendeskripsikan, mengembangkan, dan
membuat pola yang berulang
Indikator
•
Mengidentifikasi pola bilangan menggunakan gambar sederhana
•
Membuat pola bilangan dengan menggunakan gambar
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN:
1.
Dengan
kegiatan diskusi siswa mampu menjelaskan manfaat sikap tertib dengan santun.
2.
Dengan
menujukkan gambar siswa mampu membedakan antara sikap tertib dan tidak tertib
dengan santun.
3.
Dengan
kegiatan diskusi di kelas, siswa dapat menunjukkan sikap tertib dengan santun.
4.
Dengan
mengamati gambar macam-macam alat olahraga, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis
peralatan olahraga dengan percaya diri.
5.
Dengan
mengamati guru melakukan gerakan senam, siswa dapat melakukan senam dengan
tertib.
6.
Dengan
mengamati gambar siswa dapat mengidentifikasi pola gambar dengan tepat.
7.
Dengan
berlatih memprediksi pola bilangan melalui gambar, siswa dapat berlatih menciptakan
polanya sendiri dengan teliti
D.MATERI
PEMBELAJARAN
1.Merapikan alat-alat olahraga (PPKN, buku siswa
hal 8-1 2 )
2.Membaca nyaring dan menulis (Bahasa Indonesia Buku
siswa hal 8-12)
3.Melengkapi pola bilangan (Matematika buku siswa
hal 8-12)
4.Merawat tubuh (PJOK buku siswa 8-12)
E.METODE DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Metode (ceramah,diskusi,tanya jawab)
Pendekatan:saintifik ( mengamati,menanya,mengumpulkan informasi
/eksperimen, mengasosiasi/menara dan mengkomunikasikan).
F.MEDIA, ALAT, DAN SUMBER
PEMBELAJARAN
1.Buku siswa tema 2 ;KEGEMARANKU.
Hal 8-12
2.Buku guru tema 2 :
KEGEMARANKU Hal 8-12
3.Gambar alat-alat olahraga
G.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan awal 15 menit
1.
Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka
2.
Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin
doa.
3.
Guru mengabsen siswa
4.
Guru melakukan apersepsi dan motivasi bagi siswa.
5.
Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan tujuan yang
akan dicapai
Kegiatan Inti
Langkah-langkah
kegiatan:
1. Guru
menyampaikan bahwa siswa akan melakukan diskusi tentang sikap tertib di
rumah.
2. Guru
mengingatkan selama diskusi siswa boleh mengemukakan pendapat, mendengarkan
ketika teman berbicara, tidak memotong pembicaraan, berbicara dengan suara yang
terdengar, tidak berbisik dan berteriak.
3. Kemudian siswa
mulai berdiskusi tentang manfaat sikap tertib di rumah. Jika mungkin seorang
siswa memimpin diskusi dengan bantuan guru.
4. Pertanyaan yang
mungkin muncul antara lain : Apa saja contoh sikap tertib di rumah? Arahkan
diskusi tentang aturan usai berolahraga atau bermain di luar rumah.Minta siswa
menceritakan kebiasannya usai berolahraga atau bermain di luar rumah.
5. Guru mengamati
sikap siswa selama bertanya jawab,apakah mengikuti dengan tertib, diam saja,
mendominasi pembicaraan, dan lain-lain.
6. Setelah bertanya
jawab siswa mendengarkan guru membacakan teks.
7. Usai
mendengarkan guru membacakan teks, siswamembaca nyaring teks dengan bimbingan
guru.
8. Siswa
menceritakan kembali isi teks dengan bahasanya sendiri.
9. Siswa melakukan
diskusi tentang pentingnya bersikap ertib
di sekolah dengan arahan guru. Apa saja contoh sikap tertib di sekolah?
Bagaimana rasanya jika datang kesekolah tepat waktu? Bagaimana jika terlambat?
(guru bisa mengarahkan berdasarkan
permasalahan yang ada).
10. Upayakan semua
siswa belajar mengemukakanpendapatnya dalam diskusi untuk melatih berpendapat dan
memunculkan rasa percaya diri. Amati keberanian siswa
untuk mengemukakan pendapat.
11. Selesai
berdiskusi siswa mengidentifikasi sikap tertib melalui
gambar yang tertera di buku siswa.
12. Usai mengidentifikasi
perilaku tertib, siswa membaca nyaring teks petunjuk merawat tubuh.
13. Usai berlatih
membaca, siswa menyebutkan kembali informasi yang didapat dari teks.
14. Kemudian siswa
berlatih menerapkan gerakan-gerakan senam yang dapat menyehatkan tubuh melalui
kegiatan olahraga. Kegiatan dapat dilakukan di halaman sekolah.
15. Usai berolahraga siswa mengamati pola bilangan
bergambar yang tertera di buku siswa.
16. Siswa berbagi
pendapat tentang hasil pengamatannya.
17. Siswa belajar
melengkapi pola bilangan melalui gambar.
18. Guru mengulas
pola bilangan dengan membuat contoh di papan tulis dengan melibatkan siswa
untuk mengisi tempat-tempat kosong.
19. Kemudian siswa
berlatih membuat pola bilangan melalui pola bilangan melalui gambar berdasarkan
keinginannya sendiri.
20. Kegiatan ditutup
dengan mengucapakan syukur atas kesehatan yang diberi
Kegiatan Ahir menit
1.
Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang belum dipelajari dengan
arahan guru siswa melakukan refleksi dan kegiatan yang sudah dilakukan.
2.
Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengairi dan meminta salah seorang
siswa memimpin doa
H.Penilaian pelajaran
1. Penilaian Sikap
|
NO
|
NAMA
|
Percaya Diri
|
Santun
|
Santun
|
|||||||||
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
|
1
|
Aditya
Dwi Kurniawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aruman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Beli
Alfaisal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Della
Octaviani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Dio
Arya Wijaya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Edo
Rendi Okia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Elviana
Jalianti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Fathur
Rohman Fauzi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Fitra
Adi Pangestu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Jesa
Sanda Saputra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Lina
Astuti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Muhammad
Umar Cholil Al Rosid
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Nisa
Alfiana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Rika
Yeti Wahyuni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Zahrotul
Khoiriah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Zubaidatul
Khoiriyah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Zubaidatul
Inayah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Zulkarnain
Furqon
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Zunaidi
Al Amin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Zuyana
Salsabila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian Pengetahuan
Lembar Pengamatan Kegiatan
Permainan Kuda Bisik
1.Kemampuan mengemukakan pendapat
2.Mendengarkan ketika teman
berbicara
3.Berbicara dengan suara
terdengar
No. Kriteria
Terlihat ()
Belum Terlihat ()
No. Kriteria
Terlihat ()
Belum Terlihat ()
|
NO
|
NAMA
|
TERLIHAT
|
BELUM TERLIHAT
|
|
1
|
Aditya
Dwi Kurniawan
|
|
|
|
2
|
Aruman
|
|
|
|
3
|
Beli
Alfaisal
|
|
|
|
4
|
Della
Octaviani
|
|
|
|
5
|
Dio
Arya Wijaya
|
|
|
|
6
|
Edo
Rendi Okia
|
|
|
|
7
|
Elviana
Jalianti
|
|
|
|
8
|
Fathur
Rohman Fauzi
|
|
|
|
9
|
Fitra
Adi Pangestu
|
|
|
|
10
|
Jesa
Sanda Saputra
|
|
|
|
11
|
Lina
Astuti
|
|
|
|
12
|
Muhammad
Umar Cholil Al Rosid
|
|
|
|
13
|
Nisa
Alfiana
|
|
|
|
14
|
Rika
Yeti Wahyuni
|
|
|
|
15
|
Zahrotul
Khoiriah
|
|
|
|
16
|
Zubaidatul
Khoiriyah
|
|
|
|
17
|
Zubaidatul
Inayah
|
|
|
|
18
|
Zulkarnain
Furqon
|
|
|
|
19
|
Zunaidi
Al Amin
|
|
|
|
20
|
Zuyana
Salsabila
|
|
|
LEMBAR PENGAMATAN GERAKAN SENAM
1.Menggerakan kepala, 2.Menggerakan
bahu, 3.Menggerakan tangan, 4.Menggerakan kaki. A.Terlihat. dan B.Belum
terlihat
|
NO
|
NAMA
|
TERLIHAT
|
BELUM TERLIHAT
|
|
1
|
Aditya
Dwi Kurniawan
|
|
|
|
2
|
Aruman
|
|
|
|
3
|
Beli
Alfaisal
|
|
|
|
4
|
Della
Octaviani
|
|
|
|
5
|
Dio
Arya Wijaya
|
|
|
|
6
|
Edo
Rendi Okia
|
|
|
|
7
|
Elviana
Jalianti
|
|
|
|
8
|
Fathur
Rohman Fauzi
|
|
|
|
9
|
Fitra
Adi Pangestu
|
|
|
|
10
|
Jesa
Sanda Saputra
|
|
|
|
11
|
Lina
Astuti
|
|
|
|
12
|
Muhammad
Umar Cholil Al Rosid
|
|
|
|
13
|
Nisa
Alfiana
|
|
|
|
14
|
Rika
Yeti Wahyuni
|
|
|
|
15
|
Zahrotul
Khoiriah
|
|
|
|
16
|
Zubaidatul
Khoiriyah
|
|
|
|
17
|
Zubaidatul
Inayah
|
|
|
|
18
|
Zulkarnain
Furqon
|
|
|
|
19
|
Zunaidi
Al Amin
|
|
|
|
20
|
Zuyana
Salsabila
|
|
|
|
Mengetahui,
|
Bumi Harapan. September
2014
|
|
Kepala Sekolah SDN 01 Bumi Harapan
|
Guru Kelas 1
|
|
|
|
|
Ngatmo, S. Pd
NIP 1968071719990310004
|
Subaryani, S.Pdi
NIP:196402281985032001
|
No comments:
Post a Comment